DKP Konut Beri Bantuan 6 Juta Bibit Udang ke Petani Tambak

0
DKP Konut Beri Bantuan 6 Juta Bibit Udang ke Petani Tambak
BIBIT UDANG - Terlihat masyarakat Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara (Konut) sedang berkumpul di balai Kantor Kecamatan Motui untuk menerima jutaan bantuan bibit udang yang serahkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konut, Jumat (9/12/2016). Jefri Ipnu/ZONASULTRA.COM)
DKP Konut Beri Bantuan 6 Juta Bibit Udang ke Petani Tambak
BIBIT UDANG – Terlihat masyarakat Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara (Konut) sedang berkumpul di balai Kantor Kecamatan Motui untuk menerima jutaan bantuan bibit udang yang serahkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konut, Jumat (9/12/2016). Jefri Ipnu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan 6 juta bibit udang kepada para petani tambak yang berada di Kecamatan Motui.

Kepala Bidang (Kabid) Budidaya DKP Konut Rahman Sorau mengatakan, bantuan tersebut diserahkan langsung kepada para petani tambak yang telah dibentuk menjadi kelompok dari berbagai desa yang berada di Kecamatan Motui. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarat di bidang budidaya tambak udang.

“Bibitnya yang diturunkan ada 3 jenis yaitu udang paname, windu dan bandeng. Yang berjumlah masing-masing bibit 2 juta. Untuk lahan yang diolah itu punya masing-masing masyarakat,” kata Rahman ditemui Jumat (9/12/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai pelaksana (Plt) Kabag Humas Konut ini menambahkan, untuk pegelolaan tambak para petani yang sudah berjalan sejak 2011 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menurunkan satu unit bantuan eskavator. Lahan tambak yang diolah sekitar 2.000 dari 7.000 hektar potensi lahan yang ada.

“Kami akan olah semuanya dan dilakukan secara bertahap. Jadi eskavator yang mereka pakai itu dipinjamkan kepada para petani tinggal mereka biayai bahan bakarnya saja dan kalau ada kerusakan mereka perbaiki,” terangnya.

Bahar, salah satu petani tambak udang asal Desa Sama Subur menuturkan, sejak mendapatkan bantuan tersebut perekonomian masyarakat berubah drastis. Bahkan dirinya kini tak kesulitan membiayai kehidupan keluarganya hingga menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi.

“Eskavator yang kami pakai gratis diperbantukan sama Kabid DKP Konut itu yang kami sukurkan. Saya sudah beberapa kali panen terakhir saya panen itu 4 ton dan dijual ke Makassar harga Rp 70 ribu per kilogram,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Jefri  Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here