Tampilan Desktop



Dorong Pertumbuhan UMKM, SKC BNI Mandonga Salurkan Dana KUR Rp 67 Miliar
50 Dibaca

BNI Mandonga

BNI Mandonga

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sepanjang tahun 2016, Sentra Kredit Kecil (SKC) Bank Negara Indonesia (BNI) Mandonga Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 67 miliar kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

Pimpinan SKC BNI Mandonga Andi Ahsan Nur mengatakan, untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah, BNI menyediakan layanan digital loan. Digital loan bisa diakses dengan menggunakan internet baik di komputer maupun handphone.

Menurut Andi, BNI menyediakan sarana permohonan baik secara langsung mendatangi kantor layanan BNI di seluruh kabupaten dan kota atau melalui digital loan tersebut.

“Pengajuan pembiayaan KUR bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di daerah-daerah di Sultra saat ini bisa dilakukan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja,” kata Andi ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/12/2016).

Andi menambahkan, KUR ritel pengajuan pembiayaan maksimum di atas Rp 25 juta sampai Rp 500 juta untuk BNI SKC porsi KUR ritel kuotanya sudah terpenuhi. Jadi, pemohon yang ingin mengajukan pinjaman tidak bisa lagi. Sedangkan, KUR mikro maksimum di bawah Rp 25 juta saat ini masih tersedia kuota bagi peminjam.

Berdasarkan hitungan secara nasional, untuk kuota KUR ritel telah tercapai target sebesar Rp 11 triliun. Sementara itu, untuk KUR mikro masih tersedia sekitar Rp 15 miliar dana yang bisa disalurkan kepada masyarakat.

“Sudah sekitar 90 persen pencapaian yang telah diperoleh SKC untuk KUR mikro. Dan untuk ritel sudah 100 persen,” katanya.

Sejak berdiri, untuk Kota Kendari pihaknya telah menyalurkan dana sebanyak Rp 327 triliun. Dana tersebut, disalurkan kepada 500 lebih debitur. Secara keseluruhan, penyaluran kredit telah mencapai target lebih 100 persen. Penyaluran ini dilakukan hampir di semua sektor ekonomi di Sulawesi Tenggara seperti perdagangan, perikanan, perkebunan, transportasi, jasa, dan kontruksi.

“Pertumbuhan kredit di Kota Kendari sebesar 6,7 persen, itu rata-rata berkisar dengan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara,” ujar Andi.

Dia juga menuturkan, upaya BNI dalam mengajak masyarakat untuk melakukan pengajuan pembiayaan ke perbankan, melalui sosialisasi program seperti KUR dan KPR. Katanya, sampai saat ini BNI masih membagi kredit produktif dan konsumtif.

Untuk KPR, BNI salurkan melalui Kantor Cabang BNI Kendari di Jalan Dr. Moh Hatta Nomor 69 Kendari, karena KPR digolongkan kredit konsumtif. Sedangkan untuk kredit usaha rakyat disalurkan melalui SKC BNI di Komplek Mall Mandonga di Jalan Abdullah Kendari. (A)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com