Tampilan Desktop


Dorong Produktivitas, 40 Pengrajin Butur Ikut Pesta Tenun Cita Indonesia
68 Dibaca

Pesta Tenun Cita Indonesia se- Butur yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa (20/9/2016).

Pesta Tenun Cita Indonesia se- Butur yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa (20/9/2016). (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – sebanyak 40 orang pengrajin Buton Utara (Butur) mengikuti Pesta Tenun Cita Indonesia se- Butur yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa (20/9/2016).

Kegiatan kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Butur dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat, digelar untuk mendorong sektor usaha pengrajin dalam meningkatkan produktivitas.

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas para pengrajin tenun.

“Para perajin ini kita kembangkan profesinya, kita akan lembagakan usahanya sesuai produktivitas masing- masing. Kita juga akan coba sistem mulus dana bantuan modal dan juga biaya hidup selama satu tahun, mungkin anggarannya kecil tapi kita harus mulai dari sekarang,” terang Abu Hasan dalam sambutan di acara tersebut.

Melihat cukup besarnya potensi sumber daya manusia yang tersedia tersebut, orang nomor satu di Butur itu, bertekad membantu pengembangkan dan mendorong agar lebih produktif lagi. Tentunya dengan harapan selain dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, juga dapat mengurangi pengangguran.

” Kita akan berikan subsidi dana stimulus, sehingga para pengrajin diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan sekaligus bersamaan bisa meminimalisir angka pengangguran yang ada di Buton Utara,” ungkap mantan kepala Biro Humas Pemprov Sultra.

Abu Hasan melanjutkan, tujuan dari pembangunan daerah ada penunjang utama yakni pertama peningkatan pemerataan pendapatan masyarakat, kedua ialah peningkatan dan pemerataan lapangan kerja. Kemudian yang ketiga peningkatan kualitas dan akses pelayanan publik, selanjutnya keempat adalah menciptakan daya saing daerah, dan yang terakhir adalah meningkatkan usaha mikro kecil menengah.

“Kegiatan pesta tenun ini dirangkaikan dengan temu pengrajin ini adalah awal dari langkah-langkah Dekranasda untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan daerah,” ujarnya.

Kegiatan temu para pengrajin se Butur yang dilaksanakan selama 3 hari itu dari tanggal 20-22 Sepetmber 2016.

Kegiatan ini dihadiri ketua Dekranasda Butur Siti Rabya Umar Abu Hasan, wakil Bupati Butur Ramadio, Plt Sekda La Ode Baharuddin, beberapa pimpinan SKPD, dan perwakilan dari perbankan. Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini, Pesta Tenun ini akan diisi dengan kegiatan lomba Fashion Show tenun tingkat SD se Butur. (B)

 

Reporter : Darmawan
Editor      : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com