Tampilan Desktop



Dosen UHO Berhasil Olah Limbah Kulit Udang Jadi Anti Bakteri
368 Dibaca

Dosen UHO Berhasil Olah Limbah Kulit Udang Jadi Anti Bakteri UHO – Tiga dosen Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (FTIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Laode Muhammad Hazairin Nadia, La Ode Huli, dan Nur Fajriani Suaib berhasil mengolah limbah kulit udang menjadi anti bakteri atau kitosan. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga dosen Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian (FTIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Laode Muhammad Hazairin Nadia, La Ode Huli, dan Nur Fajriani Suaib berhasil mengolah limbah kulit udang menjadi anti bakteri atau kitosan.

Kitosan ini diproduksi melalui penyilangan dari protein dan mineral limbah kulit udang.

Salah satu anggota tim peneliti, La Ode Huli mengungkapkan keunggulan produk kitosan atau anti bakteri tersebut memiliki sifat ramah lingkungan karena tanpa bahan kimia. Selain itu, kitosan ini juga dipastikan aman dan tidak beracun sehingga juga dapat digunakan sebagai pengawet.

“Jadi salah satu aplikasi dari kitosan ini yakni kami ada hand sanitizer spray and gel, dan kristalin kapsul,” ungkap Huli saat ditemui di Lokasi Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) di GOR Bahteramas, Jumat (27/10/2017).

Hand sanitizer spray and gel sendiri merupakan salah satu jenis produk instan dan praktis karena tidak membutuhkan air dan sabun. Keunggulan dan manfaatnya yaitu memiliki pilihan warna dan aroma buah yang membuat penampilannya lebih menarik, memiliki pilihan bentuk yaitu spray and gel serta berbahan dasar alami yang aman, dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Sedang kristalin kapsul sendiri merupakan senyawa yang diperlukan untuk biosintesis berbagai senyawa. Keunggulanya yaitu berbahan dasar alami dan aman. Manfaat dari kristalin kapsul yakni dapat membantu produksi cairan sinovial untuk mencegah dan mengobati penyakit osteoarthritis atau suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

“Kalau kitosan ini sendiri memang banyak memiliki manfaat untuk berbagai keperluan, baik itu pangan maupun non pangan, karena sifatnya sebagai anti bakteri. Bisa juga dibuat salep bahkan bisa juga krim pelembab untuk kosmetik,” jelasnya.

Untuk diketahui, kitosan merupakan komponen utaman biomasa dari kulit udang, sumber daya yang dapat diperbaharui dan bersifat aman, yang mengandung gugus amino dan gugus hidroksil yang dapat dimodifikasi.

Manfaat kitosan sendiri yakni dapat digunakan sebagai anti bakteri, antiflamasi, antikanker, sebagai zat additive kertas dan tekstil, serta pembungkus makanan berupa film khusus. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com