iklan zonasultra

Dosen UHO Dilatih Kembangkan Keterampilan

UHO Usul 25 Program Studi Baru
Gedung Rektorat UHO

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pelatihan pengembangan keterampian bagi dosen di jajarannya terkait proses perkuliahan.

Penangungjawab pelatihan dosen UHO, Laode Santi Aji Bende mengatakan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu akan melatih para dosen untuk lebih terampil dalam kegiatan mengajar pada proses perkuliahan, mulai dari penyiapan materi sesuai kurikulum, hingga bagaiman menciptakan kuliah yang komunikatif.

“Kapasitas dosen kita inikan ada macam-macam. Tidak semua dosen kita itu berasal dari FKIP. Kalau yang dari FKIP kan pasti sudah tau cara mengajar bagaimana. Kalau diluar itu mereka tidak begitu paham,” kata Santaiji ditemui di gedung Rektorat UHO, Kamis (10/11/2018).

Kata dia, sebagai institusi yang konsen terhadap peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), UHO memiliki tanggung jawab untuk meingkatkan pengetahaun para dosen tentang bagaian cara mengajar yang baik dalam proses perkuliahan.

Ia beraharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para dosen nantinya bisa menguasai ilmu Andragogi, yang merupakan proses untuk melibatkan peserta didik dewasa ke dalam suatu struktur pengalaman belajar, serta nanti juga para dosen diharapkan menguasai komunikasi dasar pendidikan, sehingga bisa lebih komunikatif.

“Dipelatihan ini kami libatkan dosen dari berbagai fakultas. Ini kegiatan rutin yang penting untuk diikuti semua dosen di UHO,” kata dia.

Menurut dia, pelatihan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan mutu dosen. Hal ini juga penting untuk meningkatkan akreditasi baik program studi maupun fakultas, sebab mutu dosen memiliki satu komponen tersendiri untuk meningkatkan akreditasi.

“Kalau dari survey kita,kepuasan mahasiswa kita sebagian besar sudah sangat baik terhadap cara dosen mengajar,” tandanya. (B)

 


Reporter : Sri rahayu
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib