Tampilan Desktop

DPD RI : 130 Ribu KK di Sultra Belum Nikmati Listrik
264 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Masalah listrik dan air bersih kini menjadi masalah utama yang ada di Sulawesi Tenggra (Sultra). Namun demikian krisis listriklah yang paling memprihatinkan terutama di daerah-daerah terpencil.

DPD RI : 130 Ribu KK di Sultra Belum Nikmati Listrik

Wa Ode Hamsina Bolu

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Wa Ode Hamsina Bolu mengatakan, saat ini Sultra menjjladi provinsi urutan ke 4 dari terakhir soal pelayanan listrik. Berdasarkan rapat yang dilakukannya dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ada 130 ribu lebih kepala keluarga (KK) dari 600 ribu KK yang ada di jazirah Sultra.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan langsung Hamsina, listrik di wilayah kepulauan seperti Wakatobi saat ini yang paling parah. Kata Hamsina, di tataran nasional sudah mulai menyuarakan itu, hanya memang butuh keaktifan juga dari kepala daerah baik bupati maupun gubernur untuk mengatasi masalah listrik.

“Ketika keliling di pulau-pulau di wakatobi dengan kapal cepat, kita berhenti di tengah laut karena ada pemadaman dan bisa lanjut kapalnya ketika lampu sudah menyala,” cerita Hamsina yang baru tiga bulan lebih ini menggantikan Rusman Emba di DPD RI, Kendari (Jum’at, 19/2/2016).

Ketimpangan listrik terjadi dimana daerah perkotaan lebih puas menikmati listrik sedangkan di daerah-daerah terpencil dan kepulauan banyak yang tidak mendapat listrik.

Olehnya itu, kata Hamsina, kepala daerah harus responsif dan bisa membangun kordinasi dengan anggota DPD RI asal Sultra, agar masalah listrik bisa mendapat perhatian pemerintah pusat.

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma

Editor  : Rustam

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Website: http://zonasultra.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com