Tampilan Desktop


DPRD Bombana Utamakan Program RPJMDes Dalam Serap Aspirasi
132 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam melakukan reses mengutamakan program Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dalam menyerap aspirasi-aspirasi masyarakat desa di daerah pemilihan (Dapil) masing- masing.

Ilustrasi

Ilustrasi

Hal ini diutarakan anggota legislatif (Aleg) dari PPP, Hanani kepada wartawan di Kantor DPRD setempat, Rabu (2/12/2015). Katanya, banyaknya aspirasi dari masyarakat membuat pihak DPRD mesti melakukan langkah tersebut. Pasalnya dalam RPJMDes telah ada program- program desa yang nantinya dapat diusulkan ke Pemerintah Daerah (Pemda).

“Mesti kita utamakan program yang telah tertera di RPJMDes karena permintaan masyarakat ini bermacam-macam sehingga kita tidak mungkin dapat merealisasikan semuanya. Jadi mesti dilihat yang sangat dibutuhkan terlebih dahulu untuk direalisasikan”, ujarnya.

Setelah merampungkan semua aspirasi yang telah masuk dari dapil masing- masing, lanjut mantan Kepala Desa Lampata ini, pihaknya akan melakukan sidang paripurna dengan mengundang para SKPD bersangkutan untuk membahas agenda tersebut.

“Kalau dari Pemda kegiatan ini dinamakan Musrembang, nantinya akan kami undang instansi terkait untuk membahas aspirasi-aspirasi dari masyarakat sehingga nantinya dapat diwujudkan,” ujarnya.

Anggota DPRD lainnya yang berasal dari Dapil Poleang, Suritman mengatakan, masing- masing desa mempunyai aspirasi yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan juga masih mengeluhkan sarana infrastruktur jalan yang masing terbilang rusak.

Menurut Politisi Hanura ini, dalam RPJMDes sudah tercantumkan program- program selama lima tahun sehingga kita mesti berpatokan dengan itu.

“Kami berharap, aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang nantinya dipaparkan anggota DPRD di rapat bersama SKPD dapat dipenuhi oleh pihak Pemda itu sendiri karena tugas kami hanya kontrol bukan eksekutor,” katanya.

 

Penulis: Andi Hasman

Editor: Rustam

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

1 Comment

  1. Poleang 14 Maret 2016 at 2:51 pm

    Mudah-mudahan bapak Suritman tau dan paham apa itu RPJMDes

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com