Tampilan Desktop


DPRD Konkep Persiapkan Rumusan 10 Perda Inisiatif
207 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LANGARA – DPRD Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra), akan menetapkan peraturan daerah (perda) inisiatif. Rencananya 10 rancangan akan dimasukkan dalam pembahasan bersama di internal lembaga tersebut untuk diusulkan ke Program Legiaslatif Daerah (Prolegda).

Selain itu, sebanyak 17 rancangan peraturan daerah (raperda) dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) konkep, Semuanya akan diusulkan bersama dengan 10 raperda inisiatif DPRD itu pada tanggal 3 Juni mendatang.
“Rencana penetapan Perda Konkep sudah sejak awal dipersiapkan dengan mengordinasikan ke bagian hukum sekretariat daerah (setda) konkep, kurang lebih 27 raperda akan dibahas bersama dengan lembaga teknis Pemda Konkep,” terang Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Konkep Yakub Rahman saat ditemui, Kamis (28/5/2015).
Perda inisiatif yang akan dilahirkanDPRD,  tentunya akan menyesuaikan kondisi daerah saat ini seperti perda perpajakan, pengelolaan keuangan, perizinan, pendidikan, kesehatan serta pengembangan pariwisata dan perikanan mengenai illegal difing.
Akan tetapi Kata Yakub, pembahasan raperda  inisiatif DPRD yang akan dibahas secara internal, terkendala anggaran yang dialokasikan oleh eksekutif daerah, sebab pada saat pembahasan anggaran pihaknya belum belum dikukuhkan secara resmi sebagai perangkat lembaga pengawas.
“Kita masih kesulitan karena waktu itu dewan belum dilantik, tetapi kita akan menyesuaikan dengan alokasi anggaran yang sudah disiapkan untuk melahirkan perda,” ungkapnya.
Rumusan raperda  tersebutpun akan disampaikan ke Baleg untuk kemudian ditindak lanjuti dalam pembahasan yang kemudian setelah itu akan dievaluasi berdasarkan kemampuan keuangan. Ujarnya
Pada keputusan pra prolegda tambah yakub, SKPD  akan diundang dalam menyatukan sikap serta pemahaman sebagai lembaga teknis dengan berkordinasi kepada pihak akademis serta praktisi dalam penetapan regulasi. Imbuhnya (**Arjab Karim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com