Tampilan Desktop



DPRD Konut Minta DKP Segera Fungsikan Pabrik Es
128 Dibaca

DPRD Konut Minta DKP Segera Fungsikan Pabrik Es

PABRIK ES – Bangunan pabrik es yang terletak di Desa Muara Tinobu Kecamatan Lasolo Konawe Utara, yang belum dapat difungsikan karena belum memiliki listrik, Jumat (24/2/2017). (MURTAIDIN/ZONASUL TRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) meminta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk segera memfungsikan pabrik es yang di Desa Muara Tinobu Kecamaran Lasolo.

Sekretaris Komisi B Saprin, mengatakan, pabrik es yang dibangun pada tahun 2016 lalu dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu dapat difungsikan sehingga keberadaan bangunan tersebut dapat dinikmati oleh para nelayan yang ada di wilayah itu.

Saat ini pabrik es tersebut belum memiliki listrik, namun telah dianggarkan pada tahun 2017 ini, sehingga tidak ada lagi alasan pemda tak menjalankan pabrik tersebut.

“Kalau listriknya sudah menyala pasti berfungsi, karena pusat memang tidak menganggarkan listrik. Makanya kita anggarkan di APBD,” kata Saprin, Jumat (24/2/2017).

Lanjut politisi asal partai Golkar itu, DKP selaku instansi tekhnis diminta untuk segera menyiapkan kekurangan pabrik tersebut, mengingat keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat nelayan yang ada di Konawe Utara.

“Minimal kebutuhan nelayan sudah bisa teratasi karena kapasitasnya itu ratusan ton per hari yang bisa dihasilkan, targetnya itu bukan hanya lokal tapi bisa menyuplai kapal-kapal besar ditengah laut,” ujarnya.

Saprin menambahkan, selain untuk memenuhi kebutuhan nelayan, jika pabrik tersebut beroperasi juga dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang ada di wilayah itu. (B)

 

Reporter : Murtaidin
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free