Tampilan Desktop

DPRD Sepakati Revisi Perda Penyertaan Modal PDAM Kota Kendari
44 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – DPRD Kota Kendari menyepakati revisi Peraturan Daerah No 14 tahun 2014 tentang Penyertaan Modal PDAM Kota Kendari.

27 Raperda Menanti Legislator di Konkep

Ilustrasi

Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Kendari La Ode Ashar mengatakan, revisi Perda Nomor 14 Tahun 2014 ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut perintah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 48 Tahun 2016.

“Dalam Permendagri Nomor 48 Tahun 2016 ini kita diharuskan untuk membuat perda atau melakukan revisi terhadap perda penyertaan modal terhadap perusahaan daerah guna bisa mendapatkan dana hibah non kas,” terang Ashar di Aula DPRD Kota Kendari, Kamis (27/10/2016).

Dia menambahkan, proses pembahasan revisi perda ini sempat alot akibat ada beberapa anggota Bapemperda DPRD Kota Kendari yang menganggap dana hibah non kas tersebut masih disertai bentuk uang kepada PDAM.

DPRD mempercepat proses pembahasan revisi Perda No 14 tahun 2014 ini, kata Ashar, bisa saja di 2017 PDAM Kota Kendari masih memiliki utang. Akibatnya, PDAM masih akan dinilai tidak sehat oleh pemerintah pusat.

Dengan adanya penghapusan utang dan disetujuinya revisi Perda tersebut lanjut politisi Partai Golkar ini, pelayanan PDAM Kota Kendari akan lebih maksimal lagi. Sebab, dengan tidak adanya utang PDAM akan lebih fokus meningkatkan pelayanan.

Sementara itu, Dirut PDAM Kota Kendari Damin menuturkan, utang PDAM Kota Kendari sebesar Rp 61 miliar ini terjadi dari tahun 1991 sampai saat ini. Tetapi dengan ditetapkannya perda revisi penyertaan modal PDAM ini, utang tersebut dihapus oleh pemerintah pusat.

“Saat ini kita telah memenuhi syarat penghapusan utang, pertama Naskah Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) yang ditandatangani walikota dan departemen keuangan dan kemudian raperda yang baru saja disetujui untuk ditetapkan menjadi perda,” ujarnya. (A)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com