Tampilan Desktop


DPT Pilkada, Butur Bertambah 2.487, Konut 38 Pemilih
64 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Jumlah wajib pilih di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 9 Desember mendatang mengalami penambahan sebanyak 2.487 jiwa. Sehingga total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 44.574 dari daftar pemilih sementara (DPS) sebelumnya sebanyak 42.087 jiwa.

“Sudah kita tetapkan sebanyak 44.574. Jadi bertambah 2.487,” kata Ketua KPU Butur, Suhuzu saat dikonfirmasi, Jumat (2/10/2015) sore usai rapat koordinasi terkait pelaksanaan tahapan Pilkada di Hotel Saraea.

Dijelaskannya, penambahan jumlah DPT dari hasil pleno DPS beberapa waktu lalu karena adanya pemasukan beberapa nama, dimana saat diumumkannya DPS beberapa nama tersebut tidak tercantum. Padahal secara aturan telah memiliki hak sebagai wajib pilih.

“Kondisinya begitu sehingga kalau ada penambahan itu merupakan sesuatu yang wajar,” katanya.

Setelah DPT ditetapkan, selanjutnya ada proses tahapan DPT Tambahan (TB). Pada saat DPT-TB dilakukan untuk mengkafer jika ternyata masih ada lagi yang ditemukan tidak ada dalam DPT namun secara aturan masuk.

Sementara itu, KPU Kabupaten Konawe Utara (Konut), menetapkan DPT dalam 41.929 jiwa. Jumlah DPT yang ditetapkan tersebut mengalami peningkatan sebanyak 38 pemilih dari jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan beberapa waktu lalu sebesar 41.891 pemilih.

“Jumlah pemilih laki-laki 21.582 pemilih, sementara perempuan 20.347. Jadi total keseluruhan DPT yang ditetapkan adalah 41.929 pemilih,” kata Abd Malik, anggota Komisioner KPU Konut, Jum,at (2/10/2015).

Anggota KPU Konut dua periode itu mengatakan dari jumlah DPT yang telah ditetapkan, Kecamatan Lasolo merupakan wilayah terbanyak wajib pilihnya dari sepuluh kecamatan yang ada, yakni sebanyak 8.578 jiwa. Selanjutnya Kecamatan Wiwirano 5.165 pemilih, Asera 5.144 pemilih. Sementara jumlah DPT terkecil berada di Kecamatan Motui sebanyak 2.432 jiwa.

Menurutnya, terjadinya penambahan daftar pemilih tetap (DPT) dari DPS disebapkan pada saat pendataan yang dilakukan mereka tidak terdaftar. Sehingga, setelah penetapan DPS dilakukan, pihak penyelenggara langsung melakukan pendataan ulang bagi pemilih yang belum terdaftar untuk didaftar ulang.

Selain dihadiri kelima komisioner KPU, rapat pleno penetapan DPT juga hadir tiga anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Konut. Sedangkan tim sukses pasangan calon (Paslon) hanya dihadiri nomor urut 1 dan nomor urut 3.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com