Tampilan Desktop


Dua daerah di Sultra Dapat Penghargaan TPID Terbaik
187 Dibaca

Dua daerah di Sultra Dapat Penghargaan TPID Terbaik

Penghargaan TPID – Kepala Kantor Perwakilan BI Sultra, Dian Nugraha saat memberikan penghargaan TPID terbaik kepada TPID Kota Kendari dan TPID berprestasi kepada TPID Kabupaten Wakatobi dalam acara Rapat Koordinasi TPID se-Sultra di Hotel Plaza Inn, Senin (1/2/2016). Penghargaan tersebut diterima oleh masing-masing Sekretaris Daerah. (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dua daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan penghargaan sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terbaik dan TPID berprestasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Sultra, Dian Nugraha dalam acara Rapat Koordinasi TPID se-Sultra di salah satu hotel di seputaran Wua-wua, Senin (1/2/2016).

Penghargaan TPID terbaik disematkan kepada TPID Kota Kendari yang masuk dalam perhitungan inflasi nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan TPID berprestasi diberikan kepada Kabupaten Wakatobi karena dinilai telah berhasil mengendalikan inflasi di daerahnya meski tidak masuk dalam hitungan inflasi nasional.

Kepala Perwkilan BI Dian Nugraha berharap ke depan penghargaan serupa akan terus diberikan kepada TPID-TPID berprestasi di Sultra.

Sementara itu, inflasi Sultra sepanjang tahun2015 tercatat mengalami penurun yang cukup signifikaan hingga mencapai angka 2,27 persen (yoy). Bahkan angka tersebut merupakan yang terendah dalam kurun enam tahun terkhir.

Menurut Dian, prestasi tersebut merupakan hasil dari semakin meningkatnya sinergi kerjasama TPID dalam melakukan pengendalian harga yang diwujudkan dalam bentuk pemantauan harga pasar secara langsung, inpeksi ke pelabuhan, gudang Bulog dan penyelenggaraan pasar murah di berbagai daerah.

Dengan pencapaian inflasi Sultra tahun 2015sebesar 2,27 persen, kata Dian, TPID dari Sultra berpeluang menjadi salah satu nominasi dalam penilaian TPID tingkat nasional mengingat inflasi Sultra menempati urutan terendah pertama di wilayah timur Indonesia.

Saat ini di Sultra terdapat 14 TPID yang terbentuk. Sedangkan tiga daerah belum membentuk TPID yaitu Kabupaten Muna Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kabupaten Buton Selatan.

 

Penulis: Jumriati
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com