Tampilan Desktop



Dua Hari di Guyur Hujan Deras, Dua Desa di Kolut Terendam Banjir
951 Dibaca

Dua Hari di Guyur Hujan Deras, Dua Desa di Kolut Terendam BanjirBANJIR – Puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Pakue Kabupaten Kolaka Utara terendam banjir akibat luapan Sungai Salo Galung. Air sungai meluap setelah hujan deras mengguyur di daerah itu selama dua hari. (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)


ZONASULTRA.COM, LASUSUA
– Puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Pakue Kabupaten Kolaka Utara terendam banjir akibat luapan Sungai Salo Galung. Air sungai meluap setelah hujan deras mengguyur di daerah itu selama dua hari.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga membuat jalan penghubung antara tigadesa di Pakue yakni Desa Kalahunde, Desa Teposua dan Desa Lanipa putus setelah tergenang air setinggi hampir satu meter.

Salah satu warga desa Kalahunde, Firman (23) mengatakan selama dua hari hujan deras menguyur memaksa warga yang hendak melintas berbalik arah. Agar bisa ke tempat tujuan, warga tiga desa itu kini harus mencari jalan alternatif yang jaraknya lebih jauh.

“selama dua hari hujan terus,yang paling parah dusun empat,” ujar firman jumat (4/8/2017).

Dua Hari di Guyur Hujan Deras, Dua Desa di Kolut Terendam BanjirLanjut firman, banjir yang terparah terjadi di Desa Kalahunde dan Desa Lanipa karena berada di dataran paling rendah. Khusus dusun 4 sekitar 20 rumah terendam banjir.

Rusdam warga Teposua juga mengatakan kerugian banjir juga membuat cemas para petani dan petambak. Petani khawatir terancam gagal panen karena banjir merendam tanaman perkebunan mereka. Adapun petambak air Sungai yang meluap membuat udang dan ikan keluar dari tambak.

Firman menuturkan,apabila banjir tidak cepat surut korban banjir sangat membutuhkan bantuan berupa air bersih, popok bayi, dan selimut.”Kami harapkan ada bantuan dari sejumlah pihak sebab,terutama air bersih,”harapnya.

Sampai berita ini di turunkan informasi yang diterima melalui tim relawan BPBD yang berada di lokasi untuk melakukan pendataan.
Informasi yang dihimpun tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa itu namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

BPBD Kolut juga mengingatkan warga agar tetap waspada, terutama warga yang tinggal dekat bantaran sungai. Menurut BPBD hujan masih akan turun selama beberap hari ke depan. (B)

 

Reporter : Rusman Edogawa
Editor : Tahir Ose

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free