Tampilan Desktop



Dua Minggu Menjelang Ramadhan, DPRD Laksanakan Sidak Pasar
86 Dibaca

Dua Minggu Menjelang Ramadhan, DPRD Laksanakan Sidak Pasar STOK SEMBAKO – Dua Minggu menjelang Bulan Suci Ramadhan menjadi agenda bagi DPRD bersama Dewan Ketahanan pangan Kota Kendari akan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pasar dan distributor sembako di Ibukota Sulawesi Tenggara ini. Hal ini terungkap saat Komisi II DPRD Kota Kendari melakukan rapat dengar pendapat (hearing) dengan Dewan Ketahanan Pangan, Senin (8/5/2017). (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dua Minggu menjelang Bulan Suci ramadhan menjadi agenda bagi DPRD bersama Dewan Ketahanan pangan Kota Kendari akan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pasar dan distributor sembako di Ibu kota Sulawesi Tenggara ini. Hal ini terungkap saat Komisi II DPRD Kota Kendari melakukan rapat dengar pendapat (hearing) dengan Dewan Ketahanan Pangan, Senin (8/5/2017).

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Simon Mantong mengatakan, hearing dengan Dewan Ketahanan Pangan ini dilaksanakan untuk mengetahu hasil pantauan Dewan Ketahanan Pangan terkait stok dan harga sembako di kota kendari baik di tingkat distributor maupun di pasar tradisional di Kota Kendari.

Hasilnya kata Simon, sejauh ini harga sembako di Kota Kendari masih stabil walaupun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga seperti bawang merah dan bawang putih. Adapun kenaikan harga ini disebabkan karena pasokan terlambat dari Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah pemasok Bawang Merah dan Bawang Putih.

“Laporandari Dewan Ketahanan Pangan terdiri dari Bagian Ekonomi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pangan menunjukkan perlu adanya pemantauan langsung ke lapangan. Untuk itu kami menjadwalkan dua minggu sebelum ramadhan kami akan melakukan sidak, “jelasnya, di ruang rapat DPRD Kota Kendari, Senin (8/5/2017).

Sementara itu Kepala Bidang Logistik Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kendari, Yusri DP mengungkapkan, saat ini pihaknya melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional terkait perkembangan harga. Selain itu juga, untuk stock sembako pihaknya terus meminta data terbaru dari Distributor yang ada di Kota Kendari.

Hasil dari pemantauan ini lanjutnya, menunjukkan untuk kebutuhan masyarakat di Kota Kendari masih bisa dipenuhi dengan stok yang ada didistributor maupun di beberapa pasar-pasar tradisional. Tetapi untuk mencegah terjadinya kelangkaan, maka pihaknya akan melakukan kordinasi dengan beberapa dinas terkait.

“Kami senantiasa melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Kendari terkait pasokan sembako yang berasal dari luar Kota Kendari. hal ini kami lakukan agar tidak terjadi kelangkaan akibat keterlambatan pasokan, “ungkapnya dalam hearing dengan Komisi II DPRD Kota Kendari. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free