Tampilan Desktop


Dua PNS Pemda Kolaka Terancam Dipecat
157 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Majelis Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS)  Pemkab Kolaka dalam waktu dekat bakal menggelar sidang kode etik terhadap dua orang PNS, yakni Hari in Basri dari instansi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) serta dr. Dewi Sukma dari Dinas Kesehatan Kolaka.

Ketua Majelis Etik PNS Pemkab Kolaka, Rohaedin Jamaluddin mengatakan, kedua PNS itu bakal disidang terkait kasus indisipliner dan indikasi pelanggaran etika yang mereka lakukan.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pensiun BKD Kolaka, Hasmin. Menurutnya, kedua PNS itu  disidangkan atas dugaan melanggar peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 pasal 20 huruf D terkait pelanggaran disiplin berat dengan ancaman sanksi pemberhentian dengan tidak terhormat.

“Aturannya kan jelas, tidak berkantor atau tidak menjalankan tugas selama lebih dari 46 hari itu masuk pelanggaran berat maka sanksinya   pun berat,” jelas Hasmin, di ruang kerjanya, Selasa (15/12/2015) sore.

Lebih jauh Hasimin menjelaskan, majelis kode etik hanya menyidangkan pelanggaran disiplin dan etika yang dilakukan seorang PNS.

Fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan  selanjutnya akan dijadikan rekomendasi pertimbangan hukum kepada pembina kepegawaian selaku pemutus sanksi.

“Keputusan  ada sama pak bupati, apakah Charles yang sudah disidang sebelumnya, dan dua orang lagi yang akan disidang mendatang akan dikenai sanksi berat atau tidak. Kalau sanksi pemberhentian bisa jadi SK-nya bersamaan,” ujarnya.

 

Penulis : Abdul Saban
Editor   : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com