Dua Pusat Perbelanjaan Ini Ditemukan Menjual Makanan Kadaluarsa

Dua Pusat Perbelanjaan Ini Ditemukan Menjual Makanan Kadaluarsa
PEMERIKSAAN BPOM - Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan, Seksi Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Kendari, Asmin Awi (batik hitam corak putih) bersama petugas Dinas Kesehatan sedang melakukan pemeriksaan di Lippo Plaza (hypemart) Kendari, Selasa (6/12/2016). Irsan Rano/ZONASULTRA.COM
Dua Pusat Perbelanjaan Ini Ditemukan Menjual Makanan Kadaluarsa
PEMERIKSAAN BPOM – Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan, Seksi Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Kendari, Asmin Awi (batik hitam corak putih) bersama petugas Dinas Kesehatan sedang melakukan pemeriksaan di Lippo Plaza (hypemart) Kendari, Selasa (6/12/2016). Irsan Rano/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Balai Perngawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari, menemukan beberapa jenis makanan yang telah expired (kadalwarsa) saat melakukan pemeriksaan di Hypemart, Lippo Plaza dan Nusa Mart Kendari, Selasa (6/12/2016).

Fungsional Pengawas Farmasi dan Makanan, Seksi Pemeriksaan dan Penyidikan, Asmin Awi mengatakan, dalam pemeriksaan yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan Kendari menemukan tiga jenis pangan yang telah memasuki masa Kadaluarsa dan masih terpajang di Hypemart Kendari. Jenis pangan itu antara lain, Ayam brand sardines, mixed fruit jam, instant chrysanthenum crystal with honey.

iklan zonasultra

Selain itu, mereka juga menemukan jenis pangan merk Palmia, dan cream cuisson cooking, yang juga telah expired di Nusa Mart Kendari. Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih menunggu Kepala BPOM untuk memberikan surat teguran kepada dua tempat itu.

“Kita menunggu Kepala balai, untuk segera diberikan surat teguran,” ujarnya saat ditemui usai pemeriksaan, Selasa (6/12/2016).

Di Nusa Mart, pihaknya langsung mengarahkan karyawan untuk memusnahkan hasil temuan. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu laporan pemusnahan. Namun untuk temuan di Hypemart, langsung diamankan dan tidak ada yang dipajang lagi. Dijelaskannya, saat ini, BPOM masih akan melihat surat perjanjian yang ada di Lippo Plaza.

“Tergantung perjanjian, kalau kerjasama dengan distributor, biasanya kalau ada yang expire dikembalikan ke distributor. Nanti kita mau lihat perjanjiannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Asmin menjelaskan bahwa tindakan tersebut merupakan upaya untuk memastikan jaminan terhadap konsumen, serta melindungi masyarakat dari produk yang beresiko terhadap kesehatan.

Untuk itu ia berharap, agar kedepannya makanan yang beredar di Sultra tidak ada lagi yang kadalwarsa maupun dalam kemasan rusak. Apalagi, sambung Asmin, saat ini tengah menghadapi perayaan hari Raya Natal dan Tahun Baru, tentunya peredaran pangan akan lebih banyak lagi. (A)

 

Penulis : Irsan Rano
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here