Tampilan Desktop



Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit, Jaksa Tunggu Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti dari Polda Sultra
44 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Setelah berkas perkara tersangka Amiruddin Supu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait kasus dugaan korupsi pengadaan bibit fiktif di instansinya pada tahun 2015 lalu dinyatakan tahap dua atau P21, kini penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra masih menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti dari pihak Polda Sultra.

ilustrasi dugaan korupsi

Ilustrasi

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) dan Humas Kejati Sultra Janes Mamangkey mengungkapkan, jika nantinya pihak Polda Sultra telah melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sultra, maka pihak JPU akan langsung menyusun berkas perkara terdakwa yang nantinya akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor/PHI kelas IIA Kendari.

“Jadi sekarang ini berkasnya sudah lengkap, tinggal bagaimana penyidik dengan JPU berkoordinasi kapan waktunya untuk menyiapkan berkas dakwaannya. Yang jelas kalau sudah lengkap, pasti segera bergulir di pengadilan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/11/2017).

Sebelumnya, penyidik jaksa Kejati Sultra resmi menaikkan status perkara Amiruddin Supu menjadi tahap dua setelah penyidik meneliti berkas perkara tahap satu milik tersangka selaku Kuasa Pengguna Anggara (KPA) pada proyek yang bermasalah itu.

Selain itu, berkas perkara tersangka Lili Jumarni dan Saenab juga masih diteliti oleh penyidik jaksa. Nantinya jika berkas perkara kedua tersangka itu juga telah dinyatakan lengkap, maka akan segera dinaikan menjadi tahap dua.

Tidak hanya itu, dalam kasus ini lanjut Janes, penyidik juga telah menetapkan satu orang tersangka baru. Yakni Ahmad selaku kontraktor dalam perkara yang diindikasi merugikan negara sebesar Rp700 juta dari total anggaran Rp1,1 miliar ini. (B)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free