Tampilan Desktop


Dukcapil Butur Keluhkan Tak Dilibatkan KPU Tetapkan DPS
63 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA-Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), mengeluhkan sikap KPU setempat yang tidak melibatkannya dalam penetapan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2015.

“Kami bingung dengan sikap KPU Butur yang  tidak menyampaikan pemberitahuan terkait penetapan DPS. Seharusnya, ada informasi dari mereka walaupun mungkin kami tidak memiliki kewenangan,” kata Kepala  Dinas Dukcapil Butur, Asri, saat ditemui di kantornya, Kamis (10/9/2015).

Asri mencontohkan, pada tahapan pelaksanaan Pilkada dan pemilihan calon legislatif (Pilcaleg) pada tahun-tahun sebelumnya, mereka selalu dilibatkan. Hanya tahapan pilkada 2015 ini saja baru tidak dilibatkan.

Meskipun demikian, dirinya mengakui kalau kondisi itu tidak salah. Sebabnya, data potensial pemilih pemilu (DP4) saat ini dikeluarkan kementerian dalam negeri (Kemendagri). Namun paling tidak, ujar dia potensi pemilih di Butur perlu diketahuinya karena segala bentuk urusan terkait kependudukan melalui instansinya.

Diapun menilai ada sedikit kejanggalan terkait jumlah DPS yang ditetapkan KPU Butur tersebut. Dimana yang ditetapkan sebanyak 42.087 orang. Sementara DP4 versi Kemendagri mencapai 42.775 orang.

“Ini kan terjadi pengurangan, makanya kita akan mempertanyakan hal itu, kenapa sehingga terjadi pengurangan. Data-data ini perlu disinkronkan secara bersama,” pungkasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com