Tampilan Desktop



Dukung Tol Laut, Wakatobi Akan Bangun Tiga Dermaga
159 Dibaca

Dukung Tol Laut, Wakatobi Akan Bangun Tiga DermagaKUNJUNGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), dari Partai Demokrat, Umar Arsal, ketika mengunjungi Kabupaten Wakatobi belum lama ini. (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Target Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi untuk membangun tiga dermaga feri di tiga pulau di Kabupaten Wakatobi segera terwujud.

Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra), dari Partai Demokrat, Umar Arsal, ketika mengunjungi Kabupaten Wakatobi belum lama ini.

Umar Arsal, menjelaskan anggaran untuk membangun dermaga feri di tiap pulau yang dimaksud itu sudah ada. Dan untuk tahap awal di tahun 2018, pembangunan akan dilaksanakan di pulau Kahedupa.

Anggaran tahap awal pembangunan tersebut cukup fantastis, sekira Rp 50 Miliar. Lokasi yang menjadi sasaran pembangunan tersebut juga sudah memenuhi studi kelayakan.

“Rata-rata anggaran awal itu 50 miliar nanti selesai tahap ini baru akan naik hingga ratusan miliar rupiah anggarannya. Dengan harapan kedepannya nanti, mobil sudah bisa langsung dimuat dari Kendari melalui Wanci, Kaledupa, Tomia hingga ke Binongko,” jelas Umar saat ditemui disela-sela resesnya di Kecamatan Togo Binongko, Rabu, (1/10/2017).

Rencananya kapal Ferry ini khusus untuk pulau Binongko, juga bakal menuju Nusa Tenggara Timur (NTT) guna menyuplay hasil bumi dari Binongko atau maupun sebaliknya.

“Kapal Ferry akan berangkat dari Binongko ini, membawa hasil bumi sehingga perekonomian masyarakat berputar bisa cepat berkembang. Begitu juga sebaliknya,” pungkasnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi Muhammad Ilyas Abibu, mengatakan, untuk lokasi pembangunan, pihaknya telah meninjau bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna melihat kelayakan lokasi itu. Soal kesiapan dokumen baik itu dokumen master plan, DED, hingga dokumen lingkungan pun telah dirampungkan.

“Tahun depan tinggal pekerjaanya saja, kalau di Tomia di desa Kolo Soha, Keledupa di Desa Ollo, kalau di Binongko sudah lupa nama desanya tapi kalau untuk urusan lahan itu sudah disiapkan. Khusus untuk pulau Kahedupa, Pemerintah Provinsi juga sudah melakukan kegiatam pemetaan lahan dibagian laut,”tutupnya.

Untuk diketahui tiga wilayah di Wakatobi yang akan memiliki dermaga feri adalah pulau Kahedupa, Tomia, dan Binongko. Secara menyeluruh akan terwujud di tahun 2020 mendatang. (B)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Tahir Ose

Tagged with: , ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free