Tampilan Desktop

Dukungan Pilwali, Lukman Abunawas Belum Sejalan dengan Keluarga Besar
510 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Salah satu bakal calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas belum mau menyebut pasangan calon (paslon) walikota yang didukungnya. Kendati demikian ia tetap mendukung salah satu paslon yang dianggap mumpuni membangun Kota Kendari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Lukman Abunawas

Lukman Abunawas

Lukman mengatakan, meski saat ini Mashur Masie Abunawas (kakak Lukman) sudah menyatakan keluarga besar mendukung Abdul Rasak namun tidak serta merta dirinya juga mendukung Rasak. Sebab dalam keluarga memiliki pendapat dan pilihan yang bisa saja berbeda.

“Kita kan keluarga dengan Pak Rasak, yah jelas keluarga kita ke situ. Kalau saya yang penting kriterianya berpengalaman, dewasa, dan punya komitmen dengan masyarakat,” ujar Lukman tanpa menyebut nama figur yang dimaksud, di Kendari, Senin (17/10/2016).

Lukman yang juga Sekda Pemprov Sultra ini mengatakan jika ada paslon walikota yang memenuhi kriteria tersebut, maka itulah yang didukunganya. Saat ini waktunya belum tepat untuk mengumumkan dukungan mengingat ketiga paslon walikota sudah dianggapnya keluarga dekat.

Sebelumnya, peneliti Barometer Survei Indonesia (BSI) Baso Affandi mengatakan Pilwali dapat dipastikan akan sangat berpengaruh terhadap calon yang akan maju dalam pemilihan gubernur Sultra 2018. Sebagai ibu kota provinsi, siapapun paslon walikota yang menang akan dapat mempengaruhi opini dan suara terhadap salah satu calon gubernur.

Pilkada di kabupaten lain juga akan memberikan pengaruh di Pilgub seperti Muna Barat, Kolaka Utara, dan lainnya tapi pengaruhnya tidak akan sebesar Kota Kendari. Jumlah pemilih di Kota Kendari juga lebih besar dibanding daerah-daerah lainnya.

“Kalau kata pepatah ingin kuasai Indonesia maka kuasailah Jawa terlebih dahulu. Begitu pula kalau ingin punya pengaruh di Sultra maka masuklah Kendari dulu,” ujar Baso di salah satu Kedai Kopi Kendari, Minggu (16/10/2016) malam. (B)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com