Tampilan Desktop

Ekonomi Sultra Tumbuh di Atas Nasional, Sektor Konstruksi Catat Pertumbuhan Tertinggi
110 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, sepanjang tahun 2015 perekonomian Sultra tumbuh sebesar 6,88 persen, meningkat dibanding tahun 2014 lalu sebesar 6,26 persen. Angka tersebut juga melesat jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya tumbuh 4,79 persen.

Ekonomi Sultra Tumbuh di Atas Nasional, Sektor Konstruksi Catat Pertumbuhan Tertinggi

Atqo Mardianto

Kepala BPS Sultra Atqo Mardianto mengatakan, pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha. Namun, kata dia, ada tiga sektor lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi. Pertama, sektor konstruksi yang mengalami pertumbuhan sebesar 12,59 persen. Kemudian diikuti oleh sektor pertambangan dan penggalian sebesar 11,29 persen. Terakhir ada sektor jasa perusahaan dengan pertumbuhan sebesar 10,27 persen.

“Meski pertumbuhan terjadi di semua lapangan usaha, namun ada sektor yang pertumbuhannya tidak sampai 1 persen, yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang hanya tumbuh sebesar 0,04 persen,” kata Atqo dalam rilis berita resmi statistik di Kantor BPS Sultra Jalan Boulevard Kendari, Jumat (5/1/2016).

Meski sektor pertanian, kehutanan dan perikanan pertumbuhannya sangat kecil, kata dia, ternyata secara struktur perekonomian lapangan usaha ini justru mendominasi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sultra sebesar 24,02 persen. Diikuti sektor pertambangan dan penggalian sebesar 21,31 persen dan sektor konstruksi sebesar 13,18 persen.

Atqo melanjutkan, dari sisi pengeluaran, pengeluaran konsumsi rumah tangga masih menjadi yang tertinggi sebesar 4,80 persen. Disusul pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 4,46 persen, pembentukan modal tetap bruto sebesar 4,40 persen. Sedangkan ekspor dan impor tercatat minus masing-masing sebesar 47,05 persen dan 42,54 persen.

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com