Tampilan Desktop


Eksekusi Lahan, 7 dari 13 Bangunan di Area Lahan Sengketa Rata dengan Tanah
44 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Ratusan aparat Kepolisian amankan jalannya eksekusi lahan di jalan Salangga, depan kampus Universitas Halu Oleo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (5/8/2015). Eksekusi lahan yang digugat oleh Sulili atas tergugat Rustam dan warga lainnya.

Pihak Pengadilan Negeri (PN) Kendari, melalui juru sita Yusuf mengatakan, eksekusi lahan seluas 0,5 hektar dengan jumlah bangunan sebanyak 13 gedung. Namun yang dieksekusi hanya tanah yang ditempati oleh 6 orang. Sehingga Rustam dan warga lainnya merasa tidak mendapat keadilan sehingga memprotes jalannya eksekusi.

“Ia Warga bersama sejumlah mahasiswa sempat melakukan aksi protes dengan berunjuk rasa di jalan. Tapi bisa diorganir dengan baik, sehingga eksekuai berjalan dengan aman dan kondusif,” kata Yusuf.

Sengketa lahan tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1995, namun proses eksekusi baru berlangsung pada 2015 tahun ini. Uniknya, dari 13 gedung yang masuk dalam area eksekusi, hanya terdapat 7 rumah yang dihancurkan. Bangunan tersebut dihancurkan dengan menggunakan alat berat excavator.

“Jadi hanya 7 rumah yang di eksekusi, karena sebelumnya pihak penggugat dan pihak tergugat sempat melakukan negosiasi agar bangunannya tidak diratakan dengan tanah,” ujarnya.

Akibat eksekusi tersebut, kemacetan panjang terjadi di ruas jalan HEA Mokodompit, menuju kampus Universitas Haluol Oleo.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com