Tampilan Desktop


Ekspedisi Kemanusiaan di Wiwirano, Kapolres Konawe jadi Guru Sehari
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Jelang perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang akan dilaksanakan pada 1 Juli mendatang, Kepolisian Resort (Polres) Konawe menyambut agenda tahunan itu dengan cara yang berbeda. Polres Konawe melakukan ekspedisi di beberapa wilayah hukum Polres Konawe.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuknya ekspedisi kemanusian, sosial, dan pendidikan yang dilakukan di Kecamatan Wiwirano, Kabupaten Konawe Utara (Konut), pekan lalu. Daerah ini dipilih karena merupakan kawasan terisolir yang berada di perbatasan antara Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).
Selain jauh dari pusat pemerintahan Konut, masyarakat wilayah tersebut masih jauh dari sejahtera, tertinggal dari sarana dan prasarana publik seperti pendidikan, kesehatan, dan akses transportasi.
Menjangkau daerah ini juga bukan perjalanan yang mudah. Tim ekspedisi yang terdsiri dari personil Polres Konawe dan wartawan, sesekali dilanda ketegangan manakala kendaraan yang ditumpangi melewati jalur curam dan licin.
Selain pertimbangan kemanusiaan, ekspedisi ini sebenarnya memiliki muatan yang berhubungan dengan urusan keamanan yang menjadi tugas kepolisian. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Konawe Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dr. Barito Mulyo Ratmono , menyatakan, kegiatan ini bagian dari upaya menjaga situasi keamanan daerah-daerah perbatasan.
Dalam perjalanan tersebut, rombongan Polres Konawe sempat memeriksa tapal batas wilayah provinsi di Wiwirano dan memasang papan batas wilayah hukum Polres Konawe. Tapal batas ini juga menjadi peringatan bagi anggota Polres Konawe untuk tidak bertindak di luar wilayah kewenangannya.
Masyarakat Perbatasan
Rombongan memasuki wilayah yang tidak bisa diakses dengan kendaraan roda empat, yakni unit pemukiman transmigrasi Desa Padalere. Selain melakukan sosialisasi kamtibmas juga dilakukan penyerahan bantuan untuk masyarakat setempat, berupa sembako dan peralatan air bersih, yakni bak penampung dan mesin air. 
Image
Kapolres Konawe, AKBP Dr. Barito Mulyo Ratmono saat memberikan motivasi kepada puluhan siswa-siswi yatim piatu dan kurang mampuh. kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari ekspedisi kemanusiaan di Konawe Utara (Konut) dalam kesempatan itu juga, Kapolres Konawe memberikan sejumlah bantuan.

Tim ekspedisi juga berkunjung ke sekolah dasar yang ada di desa itu. Kondisinya jauh dari kategori layak, buku pelajaran dan sarana penunjang proses belajar lainnya sangat minim. Separuh siswanya pun tidak mengenakan alas kaki ke sekolah.
Kapolres pun menjadi guru sehari untuk memotivasi murid sekolah itu. Di hadapan anak sekolah itu, Barito menuturkan kisah hidupnya sebelum berseragam polisi, dengan harapan anak-anak itu termotivasi mengejar cita-cita di tengah keterbatasan.
Selain SD di wilayah paling terisolir itu, tim ekspedisi juga berkunjung ke sekolah lainnya serta memberikan sumbangan untuk masjid. Di kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Wiwirano, rombongan juga bertemu dengan puluhan siswa SD, SMP, dan SMA, anak yatim, dan anak dari warga tidak mampu. (*/Restu)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com