Tampilan Desktop


Fasilitas Komputer Minim, Muna Belum Sanggup Gelar UNBK
82 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RAHA – Tahun ini Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih belum sanggup melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau UN online. Minimnya fasilitas menjadi kendala utama.

Fasilitas Komputer Minim, Muna Belum Sanggup Gelar UNBK

Ilustrasi

“Muna belum siap untuk UN Online sebab dari segi prasarana yang ada belum mencukupi antara rasio siswa peserta ujian nasional dengan komputer yang ada di sekolah-sekolah,” kata Mukhtar, Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Muna, Rabu (17/2/2016).

Menurut dia, idealnya, 1 unit komputer digunakan oleh 3 peserta UN. Sementara ketersediaan komputer di sekolah-sekolah di Muna belum mencapai angka rasio 1 berbanding 3 tersebut.

Dia mencontohkan SMAN 2 Raha. Meski menjadi salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Muna, namun sekolah tersebut hanya memiliki 30 unit komputer. Padahal untuk melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta ujian yang mencapai 300 siswa, pihak sekolah membutuhkan sekitar 100 unit komputer.

Mantan Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Raha ini menambahkan, kebijakan pelaksanaan UNBK di Muna masih banyak yang harus diperbaiki.

“Tergantung pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk menyiapkan infrastruktur komputerisasi secara memadai di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Terkait jumlah peserta UN untuk SMA sederajat di Muna tahun ini, dia mengaku pihaknya belum mengantongi data pasti jumlah siswa peserta UN.

“Kita masih sementara klarifikasi jumlah siswa peserta UN tahun ini,” ujarnya.

 

Penulis: Marlin Polyk
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com