Tampilan Desktop



Festival Pesona Pulau Saronde 2017 Munculkan Surga Tersembunyi di Gorontalo
73 Dibaca

Festival Pesona Pulau Saronde 2017

Festival Pesona Pulau Saronde 2017

 

ZONASULTRA.COM, GORONTALO – Gorontalo Utara makin serius menggali potensi wisata dan mempromosikannya ke masyarakat luas. Salah satunya adalah dengan kembali menggelar Festival Pesona Pulau Saronde. Festival yang memasuki tahun ke-10 ini akan berlangsung di Pulau Saronde pada 27 hingga 28 September 2017 mendatang.

Adapun rangkaian acara dalam Festival Pesona Pulau Saronde 2017 antara lain reli perahu tradisional, voli pantai yang diikuti seluruh kabupaten dan kota di Gorontalo.

“Juga akan ada lomba fotografi landscape, lomba seni dan budaya, pantun tradisional atau Palolohungolopoli, langga, perahu hias, lomba video drone, dan akan ditutup dengan pemilihan putra putri Saronde dan lomba layang-layang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Frits Ano.

Dia mengatakan, guna menambah kemeriahan acara, puluhan kapal peserta Sail Sabang 2017 akan diarahkan untuk singgah ke Pulau Saronde dan menikmati berbagai rangkaian acara yang disajikan. Selain tentunya menikmati keindahan alam Pulau Saronde.

“Festival Pesona Pulau Saronde dipastikan bakal lebih meriah tahun ini. Karena akan dikolaborasikan dengan ajang internasional Sail Sabang. Kapal-kapal peserta Sail Sabang akan singgah dan menikmati keindahan Pulau Saronde,” ujar Frits.

Lebih lanjut Frits mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan dengan matang. Termasuk melakukan promosi dan sosialisasi event ini ke berbagai pihak, seperti seluruh dinas pariwisata dan pemangku kepentingan lainnya yang ada di provinsi tetangga.

“Jika pada tahun-tahun sebelumnya event ini lebih banyak dinikmati oleh wisatawan lokal, maka tahun ini kami sangat mengharapkan angka kunjungan wisatawan mancanegara meningkat. Sehingga dampak ekonomi yang terjadi bisa lebih meningkat dari sebelumnya,” tambahnya.

Dengan begitu ke depannya nama Pulau Saronde dan Gorontalo Utara pada umumnya akan lebih dikenal masyarakat dan wisatawan. “Agar lebih banyak lagi pengunjung dari luar Gorontalo yang tahu akan keindahan alam Gorontalo. Sehingga pada waktu-waktu yang akan datang, daerah ini sudah mensejajarkan diri dengan daerah lain dalam hal kontribusi kunjungan wisatawan,” ujar Frits.

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin mengimbau masyarakat dapat terlibat aktif mensukseskan penyelenggaraan Festival Pesona Pulau Saronde 2017.

“Festival Ini agar bisa menjadi andalan ke depan dalam mengangkat perekonomian daerah, dan sekarang sudah mulai terlihat dalam beberapa tahun ini. Minimal, kita semua dapat menunjukkan kepada tamu bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam ‘rumah’ yang penuh keindahan ini,” ujar Bupati Gorut.

Pulau Saronde dikenal sebagai pulau dengan romantisme pasir putih yang terletak di Kecamatan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara. Tepatnya terletak di utara Teluk Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo.

Kecantikan Pulau Saronde sudah dapat dilihat dari jauh saat kita masih berada di atas kapal menuju Pulau Saronde. Terlihat kecantikan pulau dengan jejeran bangunan cottage di bibir pantai.

Hamparan terumbu karang cantik bisa dilihat dengan mata telanjang saat wisatawan menginjakkan kaki di tiba di bibir pantai pulau Saronde. Tanpa harus turun ke air untuk melakukan snorkeling, ikan-ikan beraneka warna yang asyik bermain di sela-sela terumbu karang yang masih terjaga dapat kita lihat dengan mudah. Dengan mata telanjang.

Di Pulau Saronde juga ada hutan kecil dan bebatuan besar yang membentuk tebing di bagian selatan hingga ke timur sehingga menjadi daya tarik Pulau Saronde.

Di bagian utara hingga barat, kontur tanah datar dan berpasir cocok dijadikan tempat bercengkrama dan berenang. Di kepulauan tersebut, terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang mengelilingi dan menjadikan kawasan hopping island terpopuler di Gorontalo.

“The hidden paradise (surga yang tersembunyi) ada di sini, sebuah wisata bahari yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain di Indonesia,” ujar Frits.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dirinya dan seluruh jajaran Kementerian Pariwisata akan terus berpartisipasi dalam pengembangan kegiatan kepariwisataan daerah. Tujuannya ialah meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan masyarakat di wilayah sekitar dengan masuknya para wisatawan lokal maupun mancanegara.

”Festival Saronde merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan di Kabupaten Gorontalo Utara, tempat ini layak untuk dipromosikan,” kata Menpar Arief Yahya.

Dukungan pemerintah pusat akan disinergikan dengan pemda setempat. Tujuannya satu, tentunya mempromosikan Pulau Saronde sebagai objek wisata ikonik di Provinsi Gorontalo yang bisa menjadi destinasi dunia. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free