Tampilan Desktop



Fungsikan Buranga Sebagai Ibukota, Bupati Butur Panen Dukungan
35 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Keputusan Bupati Buton Utara (Butur) untuk memfungsikan Buranga sebagai Ibukota Butur mendapat dukungan dari tokoh pemuda maupun tokoh masyarakat setempat.

Ketua Himpunan pelajar mahasiswa (Hipma) Butur Baubau Ardian Saban menyatakan, bahwa mereka sangat mendukung keputusan tersebut. Pasalnya, dengan difungsikannya Buranga sebagai Ibukota, tentu akan berdampak pada terwjudnya pemerataan pelayanan publik di Butur.

 Fungsikan Buranga Sebagai Ibukota, Bupati Butur Panen Dukungan

Ilustrasi

“Dengan adanya keputusan tersebut, pelayanan kepada masyarakat Butur akan menjadi lebih terjangkau dan merata,” kata Ardian via telepon selulernya, Senin (26/12/2016).

Salah seorang mahasiswa asal Desa Langere Kecamatan Bonegunu Jean Arsad, juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, langkah yang ditempuh oleh pemda tersebut patut diapresiasi, sebab hal itu telah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat. Dengan difungsikannya Buranga, ia berharap, permasalahan Ibukota dapat terselesaikan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Butur Laode Karim menuturkan, pengfungsian Buranga tersebut adalah hal yang wajar, sebab itu merupakan bentuk kepatuhan Bupati terhadap peraturan perundang-undangan. Namun demikian, ia pun menyarankan, sekiranya pihak pemerintah, para tokoh masyarakat, maupun stakeholder (pemangku kepentingan) dapat bersama-sama untuk menyatukan persepsi, agar keputusan tersebut dapat tersosialisasi dengan baik, sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang benar.

“Saya kira, untuk kedepan itu barangkali, tinggal beliau harus banyak konsultasi dengan para tokoh-tokoh masyarakat, supaya kita sama memberikan alasan atau penjelasan yang benar terhadap masyarakat kita, supaya jangan simpang siur,” tuturnya saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (26/12/2016).

Selain itu, dukungan terhadap keputusan pemda setempat juga datang dari Ikatan Mahasiswa (IM) Butur. Mereka mengaku mendukung sepenuhnya langkah Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk memfungsikan Buranga Kecamatan Bonegunu sebagai Ibu Kota Kabupaten Buton Utara.

Selain itu, mereka juga mendukung sepenuhnya penganggaran rehab kantor Bupati dan perkantoran lain di Buranga Kecamatan Bonegunu yang dilakukan Pemerintah Daerah lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

Untuk itu, ketua umum IM Butur Hasruddin Jaya menghimbau kepada mahasiswa dan masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang berpotensi mengganggu stabilitas daerah. Ia juga menyatakan, siap untuk mengawal pembangunan berkelanjutan yang berpihak kepada rakyat. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free