Tampilan Desktop


Ganti Nama RSUD Abunawas, Asrun Ngaku Rugikan Pencalonannya di Pilgub
87 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pergantian nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abunawas menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari merupakan salah satu kebijakan kontroversial Walikota Kendari Asrun di tahun 2015 lalu.

walikota kendari

Asrun

Namun demikian Asrun mengaku karena pergantian itu, dia tidak diuntungkan secara politis dalam rencananya untuk maju sebagai calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018 mendatang.

Asrun membantah jika pergantian nama RS Abunawas merupakan salah satu manufer politiknya. Perubahan tersebut dikehendaki masyarakat Kota Kendari yang ingin sebuah nama yang lebih netral.

Pembangunan RSUD Kota Kendari itu pada dasarnya dibangun dan didanai oleh masyarakat Kota Kendari. Olehnya kata Asrun, kini nama RSUD Kota Kendari sudah tertuang dalam sebuah Peraturan Daerah (Perda) dan tidak bisa diubah-ubah lagi.

“Karena masyarakat tidak ingin nanti rumah sakitnya diklaim orang-orang tertentu hingga suatu saat ada semacam royalti yang harus dibayarkan,” kata Asrun usai deklarasi Relawan Kawan Asrun di Pantai Nambo, Kendari (Minggu, 10/1/2015).

Untuk pemakaian nama seorang tokoh dalam sebuah rumah sakit maka syarat utamanya adalah haruslah tokoh tersebut memang berjasa dalam bidang rumah sakit atau kesehatan. Namun demikian lanjut Asrun, tidak bisa disangsikan bahwa Abunawas adalah tokoh bagi masyarakat Kendari dan kini namanya sudah diabadikan dalam bentuk nama sebuah jalan yang besar dalam kota Kendari.

“Kalau yang tidak berjasa dalam bidang kesehatan lantas diberikan nama rumah sakit, bagaimana dengan masyarakat yang benar-benar berjasa dalam hal kesehatan atau rumah sakit,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya di tahun 2015 pergantian nama RSUD Kota Kendari tersebut sempat menimbulkan perdebatan baik di DPRD Kota Kendari maupun ada sekelompok masyarakat yang mendesak agar RSUD Abunawas tidak diganti namanya. Bahkan Keluarga Abunawas turut tersinggung dengan adanya beberapa pernyataan Walikota Asrun terkait pergantian nama RSUD tersebut.

Beberapa rumor yang beredar bahwa pergantian nama RSUD tersebut ada kaitannya dengan memanasnya persaingan Asrun dan Lukman Abunawas (anak Abunawas) menuju pemilihan gubernur 2018.

Namun kini pada akhirnya RSUD tersebut telah resmi menjadi RSUD Kota Kendari yang telah dikuatkan dengan adanya Perda. Dengan demikian mulai awal bulan 2016 ini segala urusan administrasi seperti Kop Surat sudah menggunakan nama RSUD Kota Kendari dan bukan lagi RSUD Abunawas.

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com