Tampilan Desktop



Gegara Arus Pendek Rumah Jaga Dinsos Wakatobi Terbakar
104 Dibaca

Gegara Arus Pendek Rumah Jaga Dinsos Wakatobi Terbakar KEBAKARAN – Akibat arus pendek satu unit pos jaga kantor Dinas Sosial Wakatobi terbakar pada Selasa (30/5/2017).(Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Satu unit pos jaga Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi yang terletak di Jalan Laruku Kecamatan Wangiwangi Selatan ludes dilahap si jago merah.

Rumah jaga yang berada di belakang kantor terbakar pada Selasa Selasa (30/5/2017) malam sekitar pukul 19.00 Wita.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Wangiwangi Selatan Ipda Juliman, menjelaskan, penyebab kebakaran diduga karena arus pendek. Dari keterangan saksi La Samani yang juga security di Dinsos Wakatobi, kabel yang mengaliri listrik di rumah jaga merupakan sambungan dari Kantor Dinas Sosial. Beberapa bagian kabel usang akibat gigitan tikus.

“Keterangan saksi La Samani bahwa kabel sambungan listrik ada yang di gigit tikus dan belum sempat diganti. Rumah tersebut tidak pernah ditinggali pada malam hari karena saksi tidurnya di Kantor Dinas Sosial,” terang Juliman.

Untuk itu Juliman menghimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dan berhati-hati apabila meninggalkan rumah tempat tinggal.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan sambungan listrik atau kabel, colokan yang terpasang dalam rumah serta menggunakan kabel yang telah memenuhi standar guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta selalu berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara(PLN) terkait dengan pemasangan listrik,” himbaunya.

Sementara itu, La Samani (50) yang ditemui terpisah di lokasi kejadian mengungkapkan saat kejadian dirinya memang tidak berada di lokasi. Usai memantau kondisi kantor ia menuju kantor Dinas Pariwisata yang letaknya tak jauh dari kantor Dinsos.

“Kurang lebih 20 menit kemudian saya melihat kobaran api dari dari pos jaga, saya berupaya untuk memadamkan api namun karena api yang menyala besar jadi sulit untum memadamkan api,” ujarnya saat ditemui di lokasi kebakaran.

Berselang beberapa menit kemudian, lanjutnya, mobil pemadam Kebakaran datang membantu memadamkan api namun rumah jaga tidak dapat diselamatkan.

Akibat kejadian tersebut La samani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.Satu unit motor suzuki shogun, satu unit motor honda revo milik temannya yang dititipkan dirumah tersebut seluruhnya ludes terbakar dan hanya menyisakan kerangka motor yang sudah hangus. (C)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free