Tampilan Desktop



Gelar Forum Diskusi, Dishub Sultra Kembangkan Transportasi Masa Depan
108 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengembangkan program pengembangan transportasi massal berbasis jalan dengan mengintegrasikan seluruh titik yang menjadi pusat perekonomian daerah di Sultra.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Hado Hasina

Hado Hasina

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Hado Hasina mengungkapkan pihaknya sudah lama mencanangkan program ini. Oleh karenanya melalui forum diskusi tersebut diharapakan sinergitas kabupaten/kota dan seluruh stakeholder dapat berjalan dengan baik.

“Untuk menjalankan ini, sudah sangat mudah kita sudah ada konsep tinggal kita jalankan saja, saya tinggal menunggu dukungan dari pusat saja dan daerah, misalnya saja dibantu bis sudah bisa kita jalankan,” ungkap Hado Hasina, Selasa (9/5/2017) di Plaza In Kendari.

Salah satu contoh integrasi yang dikembangkan pihaknya melalui studi yakni penggunaan pembayaran angkutan dan pelabuhan menggunakan kartu, dimana diharapkan hal ini dapat mempermudah akses pembayaran pengguna jasa transportasi.

“Kita bisa coba dulu di Pelabuhan Kendari dan Amolengu dan itu sangat memungkinkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Lukman Abunawas menilai bahwa program transportasi massal berbasis jalan sangat baik untuk menangani masalah kemacetan 10 tahun kedepan di Sultra, akan tetapi ada dua hal yang perlu diperhatikan dengan baik.

Pertama, pendekatan kesejahteraan masyarakat. Pendekatan kesejahteraan masyarakat menjadi hal utama. Sebab pengembangan transportasi yang baik di Sultra otomatis akan mempengaruhi percepatan distribusi barang dan jasa antar daerah.

“Ya, kalau sudah lancar pastikan perekonomian naik, masyarakat sejahtera,” ungkap Lukman Abunawas saat membuka acara forum diskusi Dishub Sultra

Kemudian, aspek yang kedua yakni pendekatan keamanan dan keselamatan. Mantan  Bupati Konawe dua periode itu mengatakan dalam dunia transportasi keamanan dan keselamatan pengguna jasa transportasi merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Sebab menyangkut nyawa manusia.

Untuk itu, ia berharap agar konsep yang sudah dirancang dan disusun ini benar-benar dapat memenuhi kedua aspek tersebut. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com