Tampilan Desktop


Gelar Pleno Terbuka, Bawaslu Sultra Puji KPU Butur
18 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur), mendapat pujian dan apresisasi dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra, Hamirudin Udu. Hal itu, menyusul keterbukaan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam rapat pleno terbuka penetapan calon kepala daerah, Senin (24/8/2015) di Aula Bappeda Butur.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada ketua dan komisioner KPU Butur yang telah melaksanakan pleno penetapan calon secara terbuka,”  ujarnya Hamiruddin.

Dari tujuh daerah yang melaksanakan pleno penetapan, hanya di Butur yang melakukan rapat pleno secara terbuka.

“Ini merupakan transparansi asas Pemilu dan keterbukaan Pilkada sangat baik. Karena akan menimbulkan kepercayaan publik atas pelaksanaan proses Pilkada itu sendiri,” pungkasnya.

Selain itu, adanya kemajuan atas kinerja KPU Butur. Terlihat, adanya perbedaan proses penyelenggara yang sebelumnya Panwas setempat diberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan dan penilaian secara rinci atas proses pelaksanaan Pilkada dari pendaftaran hingga penetapan calon.

Lebih lanjut Hamirudin mengungkapkan, Pilkada merupakan wahana yang disiapkan oleh pemerintah untuk rakyat dalam memilih pemimpinnya. Selain itu, Pilkada merupakan wahana yang disiapkan negara untuk menjamin bahwa demokrasi itu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

“Sehingga, pemimpin yang baik merupakan pemimpin yang berkualitas pilihan rakyat” imbuhnya

Hamiruddin berharap, semua pihak bisa bekerjasama menyukseskan pelaksanaan Pilkada, baik pemerintah daerah, aparat keamanan, pihak penyelenggara, tim sukses, dan pihak media massa termasuk dengan masyarakat.

“Ini lah pihak-pihak penentu kesuksesan Pilkada, termasuk pihak media massa yang dipercaya bisa memberikan informasi yang baik. Seyohgianya informasi yang berbaur provokatif sejauh mungkin dihindari,” harapnya.

Sebelumnya, KPU Butur telah menetapkan tiga pasangan calon (Paslon) Ridwan Zakariah-La Djiru (Rindu), La Ode Abdul Ganiru-Ahmad Gamsir (Gaga), dan Abu Hasan-Ramadio (ABR) yang akan akan bertarung pada Pilkada 9 Desember mendatang.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com