Tampilan Desktop


Geliat UMKM di Kendari Menjanjikan
119 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Perkembangan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa tahun belakangan ini terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Tingkat kunjungan wisatawan ke kota ini juga terus menunjukkan tren yang positif, baik wisatawan domestik maupun internasional. 

Kondisi ini dimanfaatkan beberapa pelaku usaha di Kota Kendari untuk membuka usaha pusat penjualan oleh-oleh khas Kendari, salah satunya jambu mete. Tak heran jika pusat penjualan oleh-oleh ini hampir bisa ditemukan di setiap sudut kota.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Perindagkop) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Kendari Syam Alam mengatakan, sejak lima tahun terakhir produk UMKM Kota Kendari telah mampu diterima pangsa pasar dari luar Kendari, bahkan di luar Sultra. Perkembangannya pun sudah memasuki pasar-pasar modern akibat dinamika perekonomian Sultra yang terus membaik. 
“Respon pasar cukup tinggi dan produk kita memiliki ciri khas, walaupun secara umum berbentuk home industry dan dikemas dalam bentuk pangan seperti jambu mete,” kata Syam di Kendari, Jumat (8/5/2015).
Pihaknya lanjut Syam, juga mendampingi para pengusaha dalam hal pemasaran. Salah satunya dengan mempertemukan langsung pelaku UMKM dengan pengusaha retail besar. 
“Bahkan kami juga membentuk asosiasi UMKM sebagai wadah untuk melakukan pengembangan sektor usaha, permodalan dan pembinaan manajemen” tuturnya.
Berbicara soal kendala, Syam mengaku apa yang dialami pelaku UMKM di Kendari sangat kompleks. Oleh karena itu, pihaknya intens melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha, melalui pelatihan dengan mendatangkan instruktur yang telah sukses dari daerah Jawa.
Dalam setiap kesempatan, pelaku usaha juga kerap diikutkan dalam kegaiatan pameran yang digelar di luar daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Mataram dan Bali. Hal itu dilakukan untuk semakin mendewasakan dan memandirikan pengusaha lokal dalam mengembangkan usaha yang dirintis. (Randi)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com