iklan zonasultra

Gempa Susulan 3,4 SR Guncang Kota Kendari

Gempa Susulan 3,4 SR Guncang Kota Kendari

ZONASULTR.COM,KENDARI– Gempa bumi susulan bermagnitudo 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kota Kendari dan sekitarnya sekitar pukul 23.17 WITA, Rabu (27/2/2019) malam.

Berdasarkan data dari Stasiun Geofisika Kendari menyebutkan lokasi gempa berada pada 3.94 LS dan 122.61 BT atau 2.2 Km Barat Laut Kendari dengan kedalaman 10 Km.

Sejumlah masyarakat Kota Kendari, yang berada di Kecamatan Mandonga, Puuwatu, Andounohu dan Baruga merasakan guncangan gempa yang cukup kuat sekitar 4 detik.

Sebelumnya, pada pukul 17.19 WITA gempa dengan berkekuatan dengan 3.6 SR telah mengguncang Kota Kendari. Gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal yang disebabkan aktivitas Sesar Kendari di Barat Daya Kendari.

(BACA JUGA : Aktivitas Sesar Kendari Sebabkan Gempa 3.6 SR)

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia menyampaikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Mengenai informasi resmi, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

(BACA JUGA : Setelah Kendari, Kolaka juga Diguncang Gempa)

Namun, setelah kejadian tersebut, gempa bumi juga mengguncang wilayah Kabupaten Kolaka dengan kekuatan lebih kecil, yakni 2.8 SR pada pukul 19.08 WITA.

Rosa menyebutkan dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi di Kolaka merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kolaka di Tenggara Kabupaten Kolaka. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib