Tampilan Desktop



Gempabumi 4,1 SR Guncang Kolaka Timur
87 Dibaca

Gempabumi 4,1 SR Guncang Kolaka Timur

GEMPA BUMI – Gempa bumi berkekuatan 4,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pukul 22.19 Wita, Sabtu (11/11/2017) malam. (ISTIMEWA)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gempa bumi berkekuatan 4,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pukul 22.19 Wita, Sabtu (11/11/2017).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia mengatakan, gempa bumi tektonik ini mengguncang wilayah barat daya Tirawuta dan sekitarnya.

Hasil analisa Badan Meterologi Kimatologi dan Geofisika menunjukan bahwa gempa bumi yang terajdi berkekuatan mangnitude 4.1 SR dengan episenter pada koordinat 4.12 LS – 121.86 BT sekitar 14.1 KM Barat daya Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

Peta tingkat goncangan atau shakemap BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan yang dirasakan di Kecamatan Ladongi dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI) dan di Kolaka dalam skala I SIG (II MMI).

“Di daerah ini goncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh banyak orang. Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata Rosa.

Gempabumi 4,1 SR Guncang Kolaka Timur

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di wilayah ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 23.20 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Kolaka yang melalui wilayah tersebut. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free