Tampilan Desktop


Genjot Promosi Kuliner Khas Sultra, Nur Alam Lantik DPD Ikaboga
108 Dibaca

Genjot Promosi Kuliner Khas Sultra, Nur Alam Lantik DPD Ikaboga

Pelantikan Ikaboga – Gubernur Sultra Nur Alam melantik Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Sulawesi Tenggara (Sultra) Senin (22/2/2016). Sejumlah lapak kuliner yang termasuk dalam Komunitas Kuliner Kendari hadir dalam acara ini. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam, Senin (22/2/2016) hari ini melantik pengurus dewan pimpinan daerah (DPD) Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Sultra di Hotel Swissbell, Kendari. Ikaboga diharapkan bisa memperkenalkan kuliner tradisional Sultra, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dalam sambutannya, Nur Alam mengatakan, bagi wanita yang mempunyai hobi masak, jangan hanya memasak untuk mengenyangkan perut, tapi bagaimana masakan tersebut dijadikan peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan lebih.

“Masalah modal, tempat, tenang pemerintah akan gerakkan semua sektor yang dapat membantu pelaksanaannya di lapangan, misal untuk modal ada Bank Sultra dan lokasi bisa saja MTQ dijadikan tempat,” kata Nur Alam.

Sementara itu, Ketua DPD Ikaboga Sultra Nani Sahta Ginting mengungkapkan, pembentukan DPD Ikaboga merupakan yang pertama di Sultra. Karena itu, ia berharap ini akan menjadi langkah awal untuk pengembangan kuliner tradisional Sultra.

Nani menjelaskan, saat ini sudah banyak pelaku usaha kuliner di Sultra. Hanya saja sebagian besar pelaku usaha tersebut, kata dia, belum diketahui oleh masyarakat luas.

“Dengan adanya wadah ini kita bisa lebih eksis,” kata Nani.

Dikatakan Nani, langkah awal yang akan dilakukan Ikaboga Sultra adalah membuat buku berisikan tulisan-tulisan mengenai makanan khas tradisional Sultra. Nantinya, kata dia, buku tersebut akan disebarluaskan ke seluruh Indonesia sebagai bentuk promosi.

Dia melanjutkan, Ikaboga juga akan merangkul semua kalangan pengusaha lapak kuliner di Sultra untuk diajarkan bagaimana cara meningkatkan cita rasa makanan, kemasan serta promosinya agar lebih menarik perhatian masyarakat.

Jangka panjangnya, kata dia, Ikaboga Sultra akan membantu anak-anak putus sekolah dengan memberikan pengetahuan kuliner tradisional Sultra untuk dikembangkan menjadi usaha yang dapat membantu perekonomian mereka.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com