Tampilan Desktop


Ground Breaking PLTU Moramo Digelar Besok
202 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Ilustrasi PLTU

Ilustrasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Lukman Abunawas mengungkapkan dirinya telah menerima undangan acara ground breaking PLTU Moramo yang akan berlangsung, Kamis 8 September 2016.

“Insya Allah Gubernur, jika tidak Wakil Gubernur yang akan mengahadiri acara tersebut, dan sementara ini juga pak Nur Alam masih banyak kesibukan di Jakarta memenuhi undangan pemerintah pusat,” ungkap Lukman Abunawas saat ditemui, Selasa (6/9/2016) di Kantor Gubernur Sultra.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra Natsir Andi Baso mengungkapkan dalam acara ground breaking Jembatan Teluk Kendari bulan Agustus kemarin, pembangunan PLTU Moramo merupakan salah satu dari 6 mega proyek yang sedang dikerjakan pemerintahan Nur Alam dan Saleh Lasata yang bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN).

“Insya Allah ground breaking akan berlangsung pada tanggal 8 September 2016,” ungkap mantan PJ Bupati Buton Utara (Butur) itu.

Saat ini, tambah Lukman Abunawas sejumlah kantor telah terbangun dan untuk instalasi listrik sudah dipersiapkan dan sementara proses pengerjaan.

Untuk diketahui, PLTU Moramo menelan anggaran sekitar 200 Milyar yang nantinya akan berkapasitas 100 mega watt. Dimana berdasarkan target awal pemerintah bahwa pada tahun 2017 PLTU mulai beroperasi.

Pemerintah mengharapkan dengan beroperasinya PLTU yang dibangun diatas lahan 100 hektar tersebut pada tahun 2017 akan melayani kebutuhan listrik masyarakat ditengah krisis listrik yang sering terjadi. Dimana PT. PLN Kendari hanya dapat menyediakan sekitar 70 mega watt dari 82 mega waat kebutuhan listrik pada kondisi beban puncak.

Dengan hadirnya PLTU ini kapasitas listrik yang ada di Sultra mencapai 200 megawatt. Kemudian, disamping itu produktivitas masyarakat sekitar PLTU khususnya akan meningkat dan dampak jauh kedepan kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat dari tahun ke tahun. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor      : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com