Tampilan Desktop


Gubernur Sultra Dukung Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya di IAIN Kendari
114 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya XIII Perguruan Tinggi Keagamaan (PW XIII PTK) yang akan diselenggarakan di kampus IAIN Kendari pada Mei 2016 mendatang.

Untuk menyukseskan kegiatan nasional tersebut, Pemerintah Provinsi Sultra akan memberikan dukungan berupa materiil maupun non materiil.

Umar Samiun Ancam Keluar Dari PAN, Nur Alam: Tidak Ada Kubu Yang Bertabrakan

Nur Alam

Hal itu diungkapkan Nur Alam saat menerima kunjungan Rektor IAIN Kendari, Nur Alim didampingi para wakil rektor dan Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara, Irawan Laliasa di ruang kerjanya, Senin (7/3/2016).

Pada kesempatan itu, Gubernur menyatakan kesiapannya untuk mengikuti audiensi dengan Menteri Agama terkait persiapan penyelenggaraan PW XIII PTK yang dijadwalkan pada akhir Maret ini di Jakarta.

Selain itu, kebutuhan yang diperlukan khususnya pada saat upacara pembukaan dan jamuan tamu VIP akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Karena ini adalah kegiatan nasional, maka sebagai tuan rumah kita harus memberikan kesan yang baik bagi tamu kita,” kata Nur Alam.

Gubernur dua periode itu juga menyanggupi jamuan makan malam bersama rektor PTK se-Indonesia.

Beberapa hal lainnya yang menjadi bahan diskusi Nur Alam dan Rektor IAIN adalah mengenai ragam kegiatan yang akan diikuti para peserta.

Selain melaksanakan bakti sosial di lokasi home stay di Desa Alebo Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan, Nur Alam mengemukakan ide untuk mengisi kegiatan perkemahan dengan melaksanakan kegiatan ibadah yang berlandaskan toleransi umat beragama.

“Sebagai contoh, peserta yang beragama Kristen akan melaksanakan ibadah dan difasilitasi oleh peserta yang beragam Islam begitupula sebaliknya. Dengan kegiatan seperti ini kita dapat menyuarakan toleransi yang tinggi antar umat beragama ke seluruh penjuru Indonesia,” ungkapnya.

Rektor IAIN pun sangat setuju dengan ide tersebut. Mengenai teknis pelaksanaannya akan dibahas lebih lanjut di tingkat panitia pelaksana.

Rektor juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur Sultra yang menjadi motivasi bagi IAIN Kendari sebagai pelaksana kegiatan untuk lebih giat mempersiapkan lokasi dan kebutuhan peserta perkemahan baik natura dan innatura.

“Ini akan menjadi pengalaman pertama kami dalam melaksanakan event nasional. Untuk itu dukungan pemerintah daerah sangat kami butuhkan demi kelancaran PW PTK yang juga untuk pertama kalinya melibatkan perguruan tinggi non Islam,” kata Nur Alim.

Kegiatan PW PTK juga melibatkan Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara dan Kwartir Cabang Kota Kendari sebagai panitia pelaksana.

Selain itu, sejumlah dinas terkait juga ikut berpartisipasi terutama dalam pelayanan tamu mulai dari kedatangan hingga kepulangan.

Kegiatan PW XIII PTK akan diikuti oleh sekitar 3 ribu peserta perkemahan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan menghadiri kegiatan tersebut.

 

Penulis : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com