Tampilan Desktop


Gubernur Sultra : Konsel Bisa Menjadi Penyedia Pangan Nasional
240 Dibaca

sambutan_nuralam

Gubernur Sultra, Nur Alam saat menyampaikan sambutannya dihadapan masyarakat dalam kegiatan pencanangan Kabupaten Konsel sebagai lumbung pangan di Sultra. Sabtu (28/11/2015)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kali ini mencanangkan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebagai salah satu penyangga utama produksi pangan di daerah ini.

Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan tahun 2015 produksi padi di kabupaten Konsel mencapai 101.646 ton atau 15 persen dari 657.734 ton produksi gabah Sultra dan untuk jagung sebanyak 5.530 ton.

Sementara itu, untuk ternak sapi, Konsel merupakan populasi terbanyak yakni berjumlah 60.251 ekor atau 23 persen dari 2265.370 ekor sapi yang ada di provinsi itu.

“Olehnya itu, sangat tepat jika kabupaten ini saya canangkan sebagai lumbung pangan dan kawasan pertanian nasional di provinsi Sultra,” katanya di hadapan ratusan masyarakat di Desa Puwehuko Kecamatan Mowila, Konawe Selatan, Sabtu (28/11/2015).

Nur Alam mengajak petani, penyuluh, TNI dan semua unsur terkait untuk bangkit bersama-sama  mendukung upaya pemerintah berorientasi pada peningkatan produksi dan produktivitas.

Ia berharap dan yakin daerah ini kedepannya mampu menjadi salah satu sentra penyedia pangan nasional.

Pemerintah pusat melalui kementerian pertanian dan pemerintah daerah secara bertahap akan melakukan penyelesaian masalah utama yang dihadapi pembangunan pertanian.

“Irigasi, benih unggul, pupuk, alat pertanian dan pembinaan itu akan terus kita kawal sehingga program pembangunan pertanian khususnya di Konsel dapat tercapai,” bebernya.

Sementara itu, Pj Bupati Konsel, Irawan Laliasa mengatakan untuk permasalahan yang sering dialami oleh petani, pihaknya mengatisipasi hal tersebut dengan mengkomunikasikan dan bekerjasama dengan stakeholder yang ada.

“Kami juga mengharapkan bantuan pemerintah pusat dan provinsi agar lebih dapat memaksimalkan potensi guna mendukung keberhasilan swasembada pangan. Sehingga menjadikan Konsel sebagai kawasan lumbung pangan nasional di Provinsi Sultra,” jelasnya.

Untuk para petani, agar selalu memanfaatkan lahan yang ada, begitu pula seluruh petugas pertanian dan penyuluh lapangan supaya selalu mendampingi petani dalam pengolahan lahan.

“Kalau produksi meningkat maka kesejahteraan petani juga meningkat, dan itu menjadi harapan kita semua,” ujarnya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com