iklan zonasultra

Guruku, Abdimu Tanpa Batas Dalam Ruang dan Waktu

Maria Magdalena Blegur
Maria Magdalena Blegur

SELAMAT HARI GURU NASIONAL, 25 November 2018

Hari Guru Nasional pada 25 November ditetapkan melalui Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Mengapa di setiap hari lahirmu, selalu mengingatkan kami kenangan indah bersamamu dan selalu memberikan kami inspirasi untuk selalu memberi dengan ikhlas kepada orang yang membutuhkannya, mengajari agar kita bahwa hidup ini akan bernilai jika kita dapat memberi manfaat baik bagi orang lain.

Guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, mereka mendidik kita dari yang tidak tahu menjadi tahu, yang bisa menjadi ahli, dan masih banyak jasa lain yang diberikan guru yang sulit di uraikan dengan kata-kata.

Guru, engkau selalu mengajari kami bahwa kita itu harus bisa hidup normal di dunia dan memberitahu bahwa dunia ini bagaikan angin, jika kita hanya membiarkannya lewat kita akan ketinggalan zaman dengan dunia yang semakin maju. Tapi jangan sekali-kali kalian terbawa, terjerumus atau terkena duri yang dibawa oleh angin itu, karena angin itu juga membawamu untuk menjerumuskanmu pada perkembangan dunia yang salah, maka jalanilah kehidupan ini dengan ilmu yang kuat agar kita bisa mengimbangi dan menyesuaikan diri. Jika dunia mengendalikanmu maka tunggulah di mana saatnya dunia menguasai kita. Maka jika tidak ingin terjadi seperti itu kalian harus terus belajar……belajar……belajar……tanpa mengenal ruang dan waktu.

Guruku, Marahmu, Sedihmu, Senyummu, Bahagiamu, Caramu memperlakukan kami membuat kami meneteskan air mata. Mengenang masa indah, dimana diri kami masih sangat kecil dan rapuh. Lalu engkau menyirami hati kami sebagaimana seorang manusia yang harus tabah, patuh, dan jangan takut mengarungi hidup.

Guru, engkau bagaikan orangtua kedua kami, menasehati jika kami nakal, menjadi sahabat kami ketika kami bingung, menjadi pelita ketika kami bersedih.

“Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat.”

GURU . . . Jadilah inspirator para pemuda pemudi untuk hari ini, esok dan selamanya.

Seorang guru yang baik seperti lilin yang menyala, Ia menghabiskan dirinya untuk menerangi jalan bagi orang lain.

To someone who is a sincere and wonderful person as well as an amazing educator. All of your hard work and efforts are greatly appreciated. Dear Teacher, Thanks for making us what we are today. Happy Teachers Day!
(Untukmu yang tulus dan luar biasa sebagai seorang pendidik, Semua kerja keras dan upayamu sangat kami hargai. Untuk Guru, Terima kasih telah menjadikan kami seperti sekarang ini. Selamat Hari Guru!)

Maria Magdalena Blegur
Penulis adalah Direktur Eksekutif Kembang Institute – Jakarta
Pemerhati Guru, Aktivitis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib