Tampilan Desktop

H-3 Lebaran, Arus Mudik di Dua Terminal di Kota Kendari Normal
76 Dibaca

H-3 Lebaran, Arus Mudik di Dua Terminal di Kota Kendari Normal

MUDIK LEBARAN – Tiga Hari menjelang Hari Raya Idul Fitri lonjakan penumpang di dua terminal di Kota Kendari masih menujukkan kondisi yang normal. Tampak arus mudik di Terminal Baruga. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga hari menjelang lebaran Idul Fitri,  dua terminal di Kota Kendari mulai ramai dipadati oleh masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya. Namun, dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, tahun ini tidak terjadi lonjakan penumpang yang cukup berarti.

Kepala UPTD Terminal Dinas Perhubungan Kota Kendari, Ilham Saranani mengatakan, dua terminal di Kota Kendari yakni Terminal Puwatu dan Terminal Baruga memang mulai ramai dikunjungi masyarakat yang akan pulang kampung. Namun sama sekali tidak terjadi lonjakan penumpang yang cukup besar.

Dibandingkan dengan jumlah penumpang pada hari biasa, lonjakan penumpang yang terjadi hanya berkisar 40 sampai 50 persen saja.

“Kalau saya melihat lonjakan penumpang ini tidak terjadi lantaran banyak dari masyarakat yang ingin pulang kampung menggunakan kendaraan sendiri. Selain itu juga sebagian masyarakat lebih memilih merental kendaraan untuk pulang kampung ketimbang menggunakan kendaraan umum,” kata Ilham di Terminal Puwatu, Minggu (3/7/2016).

Pada H-2 dan H-1, Ilham memprediksi kondisinya tidak akan berbeda jauh dengan H-3. Sebab saat ini tujuan masyarakat pulang kampung paling banyak menuju Kolaka dan Bombana.

Salah seorang penumpang di terminal Baruga, Sri Yulianti (35 tahun) menuturkan, setiap lebaran dirinya senantiasa menggunakan jasa angkutan umum menuju kampungnya di Kasipute, Kabupaten Bombana.

“Saya pulang ke kampung saya menggunakan kendaraan ini karena memang saya hanya sendiri saja di Kendari jadi secara otomatis pilihan transportasi yang saya gunakan adalah angkutan umum, “tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan, Arifin warga asal Kolaka. Dirinya selalu pulang kampung dengan menggunakan angkutan umum. Adapun untuk memperoleh kendaraan untuk pulang dirinya mengaku idak kesulitan karena kendaraan umum juga cukup banyak yang tersedia. (B)

 

Reporter: M Rasman Saputra
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com