Tampilan Desktop

Hamiruddin Udu Lolos Seleksi Administrasi Calon Anggota Bawaslu RI
550 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Satu-satunya calon anggota Bawaslu RI yang lolos seleksi administrasi asal Sulawesi Tenggara (Sultra) hanya Hamiruddin Udu. Ia bersama 216 peserta lainnya masih akan mengikuti rangkaian tes untuk duduk di Bawaslu RI.

4 Februari, 2 KPU dan 1 Panwas Jalani Sidang Kode Etik

Hamiruddin Udu

Hamiruddin yang kini masih menjabat Ketua Bawaslu Sultra mengatakan dirinya cukup optimis bisa lolos di Bawaslu RI. Serangakain tes yang masih harus dilewati yakni tes tertulis, wawancara, dan fit and proper tes.

“Motivasi saya ikut seleksi adalah untuk memperbaiki sistem pemilu dan kualitas demokrasi di Indonesia. Tentu dengan persaingan yang sehat dan niat membawa nama baik Sultra, yang kesannya selama ini mungkin tidak dihitung,” kata Hamiruddin melalui telepon selulernya, Sabtu (26/11/2016).

Rangkaian seleksi tersebut akan menghasilkan lima pimpinan Bawaslu RI yang akan dilantik pada Februari 2017. Adapun masa jabatannya yakni periode 2017-2022.

Hamiruddin yang berlatar belakang dosen Universitas Halu Oleo (UHO) ini bercerita pengalamannya dalam pengawasan sudah dimulai sejak jadi mahasiswa yakni jadi Pemantau Pemilu Forum Rektor 2004, relawan pemantau pemilihan gubernur (Pilgub) 2007. Kemudian menjadi Panwas Wakatobi pada Pilgub 2012, Ketua Panwas Wakatobi Pileg 2013-2014.

Setelah itu, belum habis masa jabatannya di Panwas Wakatobi, ia lolos jadi Ketua Bawaslu Sultra periode 2013-2018. Selain itu, Hamiruddin juga memiliki pengalaman menjadi penegak kode etik penyelenggara pemilu di Sultra, yakni sebagai anggota Tim Pemeriksa Daerah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (2014-2015).

Selama menjalankan tugas pengawasan, Hamiruddin mengaku tidak pernah mendapat sanksi ataupun teguran dari DKPP. (A)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor   : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com