Tampilan Desktop


Harga Bawang Naik, Bulog Kolaka Gelar Operasi Pasar
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini, sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Salah satunya bawang merah.

Harga Bawang Naik, Bulog Kolaka Gelar Operasi Pasar

Ilustrasi

Pantauan Zonasultra.com di Pasar Raya Mekongga misalnya, komoditas yang mayoritas dipasok dari Sulawesi Selatan tersebut mengalami kenaikan signifikan dari Rp 40.000 per kilo pada pekan lalu, kini naik menjadi Rp 45.000 ribu untuk kualitas super. Sementara untuk kualitas sedang berada di kisaran Rp 40.000 per kilo.

Mengantisipasi hal tersebut, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Kolaka menyiapkan stok bawang di gudangnya untuk operasi pasar.

Saat ini Bulog kolaka menyiapkan 1,2 ton bawang merah untuk dilepas ke pasaran umum melalui operasi pasar.

Kegiatan operasi pasar itu sudah dimulai beberapa hari terakhir dengan melakukan penjualan bawang merah di depan kantor Bulog Drive Kolaka.

Kepala Bulog Kolaka, La Rahibun mengatakan, bawang merah yang disiapkannya itu akan dijual dengan harga paling tinggi Rp 38.000 per kilonya.

“Bila harga bawang di pasaran turun, maka harganya pun juga akan kita turunkan,” kata La Rahibun, Rabu (1/6/2016).

Bulog juga berencana menyiapkan kebutuhan pokok lain dalam operasi pasar, yang setiap menjelang Ramadan harganya selalu naik. Salah satunya gula pasir.

“Kalau harga gula terus naik, nanti kita siapkan juga stoknya, hanya saja untuk berbagai jenis cabe, tidak bisa kita siapkan,” ungkapnya.

Bulog berharap, harga bawang merah yang terus meningkat dapat ditekan dengan adanya operasi pasar tersebut. (B)

 

Penulis: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com