Tampilan Desktop


Hasil Polling Pilkada Sementara, Dua Paslon Imcumbent Kalah
128 Dibaca

ZONASULRA.COM, KENDARI– Hasil polling sementara yang dilakukan portal online zonasultra.com sejak pekan lalu, dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati imcumbent tertinggal jauh dari paslon lainnya.

Kedua paslon incumbent itu adalah Bupati Muna, L.M Baharudin yang maju berpasangan dengan La Pili dan paslon Bupati Konut Aswad Sulaiman berpasangan dengan Abuhaera.

Data yang terakhir yang diupdate di website zoasultra.com Senin (14/9/2015) pukul 08.00 Wita, paslon LM. Rusman Emban-Abdul Malik Ditu (Rumah Kita) unggul 58,9 persen, sementara Baharuddin-La Pilih (Dokter Pilihanku) meraih 32,7 persen. Sementara paslon Arwaha-Samuna meraih 8,8% suara. Total suara atau voter untuk Paslon Kada Muna sebanyak 107 voter.

Untuk polling Pilkada Konawe Utara (Konut), Ruksamin–Raup (Konasara) unggul tipis 50.8% atas paslon Aswad Sulaiman – Abuhaera (Abdiku) yang meraih 42.6% disusul paslon Anwar-Razak Naba 6.6%. Total pemilih 61 voter.

Di Wakatobi, paslon Arhawi-Ilmiati meraih 55,7% suara yang mengungguli paslon Haliana-Syawal (Halal) 44,3%. Arhawi-Ilmiati meraih 69 suara dari total suara yang masuk 124 voter, sedangkan Halal meraih 55 suara.

Selanjutnya, Buton Utara (Butur) paslon Abu Hasan–Romadio unggul jauh dari rivalnya paslon Ridwan Zakariah-La Djiru. Pasangan yang diusung PDIP dan sejumlah partai koalisi itu untuk sementara meraih 72,9% dukungan, sementara Ridwan Zakariah–La Djiru hanya 27,1 % dukungan, dan Abdul Ganiru–Ahmad Gamsir belum memperoleh dukungan. Total voter sebanyak 48 orang.

Beralih ke Kolaka Timur (Koltim), paslon  M.Buddu-Ridwan unggul  32.6% dukungan, disusul Syamsu Alam-Farida  21.7%, Tony – Andi Merya 21.7%, dan Wahyu -Idul Fitri 23.9%. Total pemilihnya 46
orang.

Pilkada Konkep, Amarullah- M.Lutfi unggul tipis atas paslon 45.1%, Nur Sinapoy-Abd Salam. Paslon nomor urut 3 ini meraih 45.1 %, sedangkan paslon nomor urut 1 meraih 43.1%, disusul paslon Ridwan-Kurdin Wahab yang meraih 11.8% suara dari. Sementara pemilihnya 51 orang.

Untuk pilkada Konsel, paslon Surunuddin Dangga-Arsalim unggul jauh atas lawan-lawannya. Paslon noor urut 3 meraih 52.2% dukungan suara, disusul paslon Asnawi Syukur-Rustam Tamburaka 24.8%,
Muhammad Endang–Nurfa Thalib 15% suara, dan paslon Rusmin Abdul Gani-Muhlis meraih 8%, dari total pemilih 113 orang.

Dari tujuh daerah yang menggelar Pilkada, total sudah 563 pembaca zonasultra.com yang telah memberikan suaranya. Pemimpin redaksi zonasultra, Rustam, mengatakan polling Pilkada ini akan berakhir hingga 9 Desember mendatang. Karenanya ia menghimbau kepada seluruh pendukung paslon untuk tetap memberikan dukungan kepada jagoannya masing-masing.

Menurut Rustam, polling Pilkada ini merupakan salah satu instrumnet yang sederhana untuk mengukur sejauh mana dukungan masing-masing paslon kada dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Misalnya melalui media sosial (twiter, facebook) dan medsos lainnya.

“Bagi para pendukung paslon cukup mudah untuk bisa memberikan dukungannya, yakni dengan membuka website kami www.zonasultra.com melalui komputer, PC, Notebook dan sejenisnya serta handphone yang memiliki dukungan aplikasi internet. Setelah itu pilih daerah, lalu klik salah satu paslon lalu klik pilih,” kata Rustam.

Meski polling Pilkada yang digelar zonasultra.com ini hanya mewakili sebagian kecil populasi pemilih, namun hal ini tentu saja memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam mempengaruhi opini pemilih. Terlebih lagi kemajuan teknologi saat ini, pengguna jejaring sosial maupun warga yang mengakses maupun berbagi informasi termasuk media online terbilang cukup tinggi.

“Saya kira dengan waktu yang masih cukup panjang, dukungan untuk memilih paslon melalui polling ini akan semakin banyak. Tim sukses harus lebih kreatif lagi dengan memanfaatkan medsos sebagai salah satu sarana kampanye yang efektif. Jika kami mengamati, rata-rata paslon yang unggul dalam polling ini adalah mereka-mereka yang aktif dan memiliki kreatifitas di dunia maya. Ini yang harus dimanfaatkan,” ujar Rustam.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com