Tampilan Desktop


Hati-Hati, Campak Picu Radang Paru
9 Dibaca

Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, virus campak bisa menyerang organ tubuh lainnya jika sudah masuk ke dalam darah.=”

Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, virus campak bisa menyerang organ tubuh lainnya jika sudah masuk ke dalam darah.
“Kalau sudah masuk ke darah, virus ini bisa bergerak ke mana-mana. Bisa ke otak, paru, ke susunan syaraf pusat. Tapi, lebih banyak ke organ paru yang menyebabkan radang paru,” ujar Sri dalam acara Pekan Imunisasi Dunia di RSCM, Jakarta seperti dikutip dari Kompas.com Sabtu (25/4/2015)
Sri menjelaskan, penyakit campak lebih dari sekedar munculnya bercak merah maupun ruam pada kulit. Campak juga membuat penderitanya mengalami panas tinggi, kejang, mata merah, pilek, batuk, hingga diare.
“Bisa seminggu, dua minggu baru kelihatan merah-merah. Kalau merah-merah hanya satu, dua hari hilang, itu bukan campak,” terang Sri.
Sri mengatakan, penularan campak sangat mudah. Tak hanya anak-anak, orang dewasa yang daya tahan tubuhnya lemah pun bisa terserang virus campak.
Untungnya, penyakit ini bisa dicegah dengan pemberian vaksin. Vaksin atau imunisasi wajib diberikan pada anak untuk mencegah penyakit. Vaksin untuk campak termasuk dalam tujuh vaksin yang diberikan gratis oleh pemerintah. Menurut Sri, vaksin pun hanya cukup diberikan satu kali untuk kekebalan seumur hidup terhadap virus campak. (***/)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com