Tampilan Desktop



Hipma Butur Makassar Lakukan Pembinaan di Desa Banubanua Jaya
172 Dibaca

Hipma Butur Makassar Lakukan Pembinaan di Desa Banubanua JayaBINA DESA – Kepala Desa Banubanua Jaya Sumarno (baju biru/tengah) bersama pengurus Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Buton Utara Makassar (Hipma Butur-Makassar) Desa Banubanua Jaya, Minggu (6/8/2017). (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Himpuan Pelajar Mahasiswa Buton Utara yang ada di kota Makassar, Sulawesi Selatan (Hipma Butur-Makassar) menggelar kegiatan pembinaan masyarakat di desa Banubanua Jaya (Bajo) Kecamatan Kulisusu, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Hipma Butur-Makassar Muh Sandy Ade Mahendra menuturkan, dipilihnya Banubanua Jaya sebagai desa binaan mereka karena memiliki potensi sumber daya alam yang cukup, namun belum dikelola dengan maksimal.

Salah satu potensi itu kata Sandy adalah sektor pariwisata yang semestinya jika dikelola dengan baik, tentu akan mendorong percepatan pembangunan desa.

Namun demikian, kali ini pihaknya belum melakukan pembinaan di sektor pariwisata. Karena, ini kali pertema mereka berkunjung, sejauh ini di daerah itu.

Menurut Sandy, pihaknya masih fokus pada hal-hal yang mendasar, seperti membangun semangat pendidikan dan pembenahan administrasi desa, misalnya pembuatan nama jalan, nama perangkat desa, gapura, serta peta desa.

“Budaya di desa ini sangat unik. Tapi kita mau mulai dari hal-hal kecil dulu,” kata Sandy, Minggu (6/8/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Banubanua Jaya Sumarno mengapresiasi program yang didorong oleh para mahasiswa itu. Menurutnya, kehadiran mereka sangat membantunya dalam menata administrasi desa maupun pembangunan mental masyarakat.

Olehnya itu ia berharap, kegiatan tersebut terus berkelanjutan, hingga dapat memajukan desa itu agar sejajar atau bahkan lebih unggul dari desa-desa lain yang ada di Butur.

“Meskipun kegiatannya hanya beberapa hari, tapi nilainya bagi masyarakat sangat kelihatan. Kami berharap, ke depan bisa berkelanjutan. Saya juga sebagai pemerintah desa sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena mungkin dengan adanya bantuan dari teman-teman, desa ini akan bisa berkembang,” ungkap Sumarno. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Abdul Saban

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free