Tampilan Desktop


Hore..! Dana Desa di Koltim Cair
58 Dibaca

ZONASULTRA,COM-TIRAWUTA -Alokasi Dana Desa (ADD) hari ini sudah masuk ke rekening masing-masing desa sebesar Rp.90 Juta, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2016.

dana desa konut

Ilustrasi

Sekertaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kolaka Timur (Koltim), Arisman mengatakan, tahun ini ada 117 Desa yang menerima dana ADD yang telah diurus melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Koltim yang bekerja sama dengan Bank Sultra. Masing-masing desa akan mencairkan dana mereka lewat rekening.

“Dana ADD sudah ada direkening masing-masing kepala desa, tinggal mereka mencairkan saja lewat rekening bank sultra,” kata Arisman, Rabu (13/4/2016).

Tetapi untuk saat ini lanjutnya, mereka masih dalam pengurusan kelengkapan berkas, karena kelengkapan berkas itu sangat penting untuk melakukan pencairan dana di bank.

Sementara itu anggaran dalam setiap desa tidak semuanya sama. Yang membedakan ada 4 hal yaitu luas wilayah, jumlah penduduk, tingkat kemiskinan dan Indeks Kesulitan Geografis (IKG).

“Anggaran yang mereka terima ada yang Rp.90 juta, ada yang Rp.85 juta dan Rp.80 juta,” ujar Arsiman.

Arisman menghimbau kapada para kepala desa agar benar-benar mempergunakan dan melaksanakan ADD sesuai mekanisme dengan perencanaan tahapan.

“Kalau keluar dari perencanaan maka itu masaalah, karena di dalam perencanaan ada 3 yang perlu diperhatikan yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDS), Rencana Kerja pelaksanaan Desa (RKPDS) dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDS), Himbaunya. (C)

 

Penulis : Jaspin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com