Tampilan Desktop



Hujan Mengguyur Kendari Sampai Besok, Ini Penyebabnya
1086 Dibaca

Hujan Mengguyur Kendari Sampai Besok, Ini PenyebabnyaHujan Mengguyur Kendari Sampai Besok, Ini Penyebabnya BANJIR – Salah satu ruas jalan di kota Kendari yang terkena banjir, Rabu (31/5/2017). (Foto: dok zonasultra.com)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hujan yang mengguyur Kota Kendari hampir sehari penuh pada Rabu (31/5/2017) menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, memperkirakan hujan seperti ini diprediksi masih akan berlanjut hingga esok hari.

Melalui siaran pers, berdasarkan analisis meteorologinya, cuaca eksteim yang melanda Kendari dan sekitarnya sejak 08.00 Wita disebabkan adanya peningkatan aktifitasnya pertumbuhan awan konvektif yang ditandai dengan banyaknya awan comulunimbus yg signifikan di wilayah kendari pada saat kejadian.

“Kondisi ini dipicu oleh daerah belokan angin yang disertai perlambatan angin yg significant diwilayah Sultra,” ungkap Prakirawan BMKG Kendari Adi Istyono, Rabu (31/5/2017).

Berita Terkait : Satu Korban Tanah Longsor di Lasolo Meninggal Dunia

Lanjutnya, kondisi ini juga didukung oleh kelembaban udara yg tinggi di lapisan atmosfer bawah hingga menengah, serta pasokan uap air yg signifikan dari laut Banda yang hangat, mengingat arah angin yang dominan adalah bagian tenggara.

“Hal tersebut menyebabkan masa udara basah ini mengarah ke wilayah Sulawesi Tenggara sebagai bahan bakar pembentukan Awan-Awan hujan,” terangnya.

Untuk itu, masyarakat Kendari dihimbau untuk tetap waspada dengan berbagai akibat yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrim ini, seperti banjir dan tanah longsor. (A)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free