Tampilan Desktop


Hujan Turun, Berkah Bagi Petani dan Peternak di Lantari Jaya
110 Dibaca

Hujan Turun, Berkah Bagi Petani dan Peternak di Lantari Jaya

Warga Lantari Jaya Kabupaten Bombana sedang bekerja membersihkan sawah mereka dari hama pada Jumat (22/1/2016). Para petani memanfaatkan hujan yang mengguyur Bombana ini dengan mengolah sawah mereka. (ANDI HASMAN/ ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Hujan yang telah mengguyur Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam beberapa hari ini dimanfaatkan masyarakat di kecamatan Lantari Jaya untuk mengolah sawahnya yang dalam beberapa bulan ini kering kerontong.

Juma, warga setempat mengatakan, Bombana telah mengalami kemarau panjang ditahun 2015 lalu dan sawah-sawah menjadi kering. Namun musim hujan sekarang ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Saat ini ia mengolah sawah miliknya.

“Kami sudah sementara mengolah sawah dengan memanfaatkan hujan yang ada. Ada juga dari kami yang sudah menabur benih padi di sawahnya,” ujar Juma, Jum’at (22/1/2016).

Tak hanya petani, peternak pun menikmati berkah dari Allah SWT ini. Berkat hujan, rumput-rumput yang sebelumnya kering dan mati akibat musim kemarau yang berkepanjangan mulai tumbuh dan hijau. Genangan air pun menjadi sumber minuman bagi ternak-ternak peliharaan warga.

“Waktu musim panas, kami kesulitan mendapatkan pakan ternak. Sekarang dengan musim hujan, rumput mulai tumbuh dan tidak susah lagi mencari rumput,” ujar Hamsi, salah seorang peternak Sapi di Lantari Jaya.

 

Penulis : Andi Hasman
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com