Tampilan Desktop


I Wayan Dipta Apresiasi Mete dari Sultra
92 Dibaca

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta. Foto : RIZKI ARIFIANI

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Kacang mete dari Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan makanan khas yang sudah dikenal hingga seluruh wilayah Indonesia. Hal ini juga diakui oleh Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), I Wayan Dipta.

“Mete kita sudah kemas waktu saya masih menjadi deputi pengkajian, salah satu produk OVOP kita,” ujar I Wayan Dipta usai mengikuti acara konferensi pers The 4th Asian SME Conference 2016 di Galeri Indonesia Wow yang berada di Gedung SMESCO Jakarta Selatan, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya, perkembangan UKM di Sultra, khususnya produk mete mengalami peningkatan yang sangat signifikan. “Sudah bagus perkembanganya, mereka sudah ekspor ke Malaysia bahkan ke Timur Tengah,” terangnya.

Selain mete, produk potensial lainnya dari Sultra adalah ikan dan rumput laut, mengingat Sultra memiliki sumber daya alam laut yang sangat kaya dan potensial.

“Itu juga sedang kita kawal,” lanjut Wayan.

Salah satu yang terkenal selain produk unggulan, adalah destinasi wisata di Sultra yang begitu terkenal adalah Wakatobi. Hal ini juga membantu menggiatkan pelaku UKM yang menghasilkan produk souvenir untuk para pelancong.

“Wakatobi bagus, diving disana peminatnya orang-orang bule semua. Saya sampai tidak bisa pinjam boat karena habis disewa oleh mereka,” tutur Wayan yang pernah menjabat sebagai Deputi Pengkajian Sumber Daya UKMK ini. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com