Tampilan Desktop

IAIN Kendari-Pemerintah Thailand Kembali Jalin Kerjasama
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan pemerintah Thailand sepakat untuk kembali melanjutkan kerjasama melalui pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi di negara tersebut. Pengiriman mahasiswa KKN akan dimulai awal tahun 2016 mendatang.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim mengatakan, berlanjutnya kerjasama ini karena pemerintah Thailand sangat mengapresiasi sumbangsih peserta KKN yang diberangkatkan pada Juli lalu. Para peserta KKN terintegrasi asal IAIN Kendari yang berjumlah tujuh orang ditugaskan sebagai tenaga pendidik pada sejumlah sekolah di wilayah Pattani, Thailand Selatan dengan membawa misi memperkenalkan Islam Indonesia dan budaya lokal Sulawesi Tenggara.

“Saya sangat terkejut dengan kemampuan mereka beradaptasi dengan lingkungan baru, budaya dan bahasa berbeda tetapi mereka dapat diterima dan mendapat apresiasi karena telah memberikan kontribusi yang sangat baik kepada masyarakat di sana. Oleh karena itu kerjasama ini akan dilanjutkan,” ungkap Rektor, Rabu (21/10/2015).

Kegiatan KKN terintegrasi ini lanjutnya, merupakan upaya IAIN untuk membentuk kemandirian mahasiswa serta menambah wawasan global sebagai bekal mereka untuk berkiprah di masyarakat ketika lulus nanti. Sebagai insentif atas prestasi mereka, Nur Alim akan memfasilitasi mahasiswa tersebut untuk melakukan penelitian tugas akhir (skripsi) di tempat mereka mengabdi.

Selain Thailand, IAIN Kendari juga tengah merintis kerjasama dengan sejumlah universitas di Malaysia. Ada berbagai program yang menjadi pokok kerjasama, diantaranya sitting class di mana mahasiswa IAIN Kendari diperkenankan mengikuti perkuliahan di University Utara Malaysia dan University of Malaya. Sebagai langkah awal, pada awal Oktober lalu Wakil Rektor I Husain Insawan dan Wakil Rektor III Moh. Yahya Obaid telah berkunjung ke Malaysia.

Rektor berharap, dengan kerjasama luar negeri IAIN Kendari akan terus berkembang menjadi perguruan tinggi yang memiliki prestise, berkualitas dan berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia di Sultra.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com