Idul Adha, Binda Sultra Kurban 5 Ekor Sapi dan 1 Kambing

0
Idul Adha, Binda Sultra Kurban 5 Ekor Sapi dan 1 Kambing
HEWAN KURBAN - Kepala Binda Sultra (baju koko), Brigjen TNI Andi Sumangerukka sebelum melakukan pemotongan sapi kurban. (ZONASULTRA.COM)

Idul Adha, Binda Sultra Kurban 5 Ekor Sapi dan 1 Kambing HEWAN KURBAN – Kepala Binda Sultra (baju koko), Brigjen TNI Andi Sumangerukka sebelum melakukan pemotongan sapi kurban. (ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) beserta jajaran berkurban 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, yang jatuh hari ini, Jumat (1/9/2017).

Kepala Binda Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, hewan kurban itu merupakan kongsi dari kantor dan juga sumbangan seluruh anggota Binda.

“Hewan kurban ini diperuntukan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan diutamakan ke masyarakat di sekitar kantor Binda. Kita siapkan kupon sekitar 300 lebih,” ungkap Andi di kantor Binda Sultra, Jumat (1/9/2017).

Kegiatan ini, lanjut mantan Danrem 143/ HO Kendari, sebagai wujud kepedulian sosial dan sekaligus melaksanakan kurban.

“Pertama dengan adanya pemotongan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian kita juga sekaligus dalam rangka merayakan hari raya idul kurban sesuai dengan syariat agama islam,” ujar jenderal bintang satu.

Di lokasi yang sama, Drh Rosmalla mengungkapkan bahwa semua hewan kurban dinyatakan sehat semua berdasarkan hasil pengecekan. Tidak ada hewan kurban yang terinfeksi Antrak.

” Bagus, semuanya sehat, tidak ada gejala penyakit yang berbahaya. Paling ada tadi cacing hati, tapi kami sarankan untuk dibuang karena tidak boleh dikonsumsi dan yang punya mau,”

Hampir semua sapi memiliki cacing hati, khususnya di daerah yang rawa. Daratan Sultra masih banyak rawa dan mungkin peternaknya tidak memberikan obat cacing.

“Kami akan tingkatkan sosialisasi pentingnya pemberian obat cacing lagi. Tapi pada dasarnya sapi yang dikurbankan ini sehat semua,” ungkap Rosmalla di sela-sela pemotongan hewan kurban.

Nurmala, salah seorang penerima hewan kurban, menyatakan rasa syukur atas pemberian daging kurban tersebut.

” Sangat senang toh. Apalagi daging barang mahal, bagi kami ini. Walaupun hanya 1 kilo tetap harus disyukuri,” tuturnya. (*)

 

Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here